by

Tingkatkan Kualitas Peran Pers, Pemprov Apresiasi Konferensi PWI Maluku

AMBON,MRNews.com,- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengapresiasi pelaksanaan konferensi PWI Maluku tahun 2018. Karena dipandang sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas peran pers dalam menunjang keterbukaam informasi publik, serta mewujudkan demokratisasi di Maluku.

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, saya menyambut gembira penyelenggaraan konferensi PWI Provinsi Maluku tahun 2018 ini sebagai upaya tingkatkan kualitas peran pers guna menunjang keterbukaan informasi publik serta wujudkan demokratisasi di Maluku,” tandas Sahuburua dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Hamin bin Thahir saat membuka Konferensi PWI Maluku di Marina Hotel, Sabtu (24/2).

Mencermati peran penting dan strategisnya keberadaan media masa maka, dikatakan Sahuburua, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Maluku sangat membutuhkan dan memberi apresiasi terhadap keberadaan media massa atau pers.

Pasalnya menurut Sahuburua telah berperan untuk menjadi alat penyampai pesan, menjadi jembatan komunikasi atau informasi bagi seluruh pemangku kepentingan, menjadi sarana pendidikan dan inspirasi serta sebagai sarana pencerdasan bagi seluruh masyarakat dan menjadi alat kontrol sosial yang efektif. Karenanya, Pemerintah Daerah Maluku senantiasa membangun komunikasi yang harmonis bersama insan pers yang ada di Maluku.

“Untuk itu saya mengajak seluruh insan pers agar dapat menginformasikan proses-proses pembangunan dan berbagai kebijakan pemerintah daerah dengan berita-berita yang positif, sehingga dapat meminimalisir berbagai isu kontraproduktif terhadap pembangunan dan kinerja pemerintah daerah,” ajak Sahuburua.

Pemprov Maluku tambah Sahuburua juga memberi apresiasi tinggi atas kerjasama yang terjalin selama ini dengan baik bersama dengan PWI Cabang Maluku. Manakala sebagai organisasi profesi yang menghimpun para wartawan, PWI telah menjadi mitra kerja baik dan mampu membangun komunikasi yang efektif.

Sehingga dirinya berharap, kepada pengurus PWI Maluku agar terus melakukan pembinaan secara sistematis dan terstruktur, terhadap seluruh wartawan di Maluku, dalam mewujudkan profesionalisme wartawan.

“Harapan juga bagi seluruh insan pers yang bernaung di bawah PWI dapat menjalankan tugas dan fungsi jurnalistik dengan baik, sesuai azas, fungsi dan kewajiban pers, demi terwujudnya kemerdekaan pers yang profesional berdasarkan prinsip demokrasi, keadilan dan menjunjung tinggi supremasi hukum,” terang Sahuburua.

Sahuburua pun mengajak seluruh elemen masyarakat Maluku termasuk insan pers dapat mensukseskan agenda Pemilukada Gubernur-Wakil Gubernur Maluku tahun 2018 yang telah memasuki tahapan kampanye, termasuk pemilihan Bupati-Wakil Bupati Malra dan Pilkada kota Tual. Harapannya, insan pers dapat mensosialisasikan tahapan dan proses pemilihan, termasuk mensosialisasi Calkada kepada masyarakat secara bijak dan berimbang, sehingga mampu membuat suasana kontestasi Pilkada menjadi aman, terkendali dan sukses.

“Dalam Konferda juga akan dipilih pengurus PWI periode lima tahun kedepan. Karenanya saya berharap, semua dapat berlangsung sesuai agenda dan waktu yang ditetapkan. Pengurus yang nanti terpilih itu mereka punya kapasitas dan kapabilitas guna wujudkan PWI yang profesional, serta mampu ciptakan wartawan di Maluku yang berkompeten, profesional, pintar, cerdas, gigih, jujur, bermoral dan berintegritas guna membantu memajukan Maluku,” pungkas Sahuburua. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed