by

Tingkatkan Kemampuan, Brimob Maluku Latihan SAR Laut

-Maluku-176 views

AMBON,MRNews.com,- Guna meningkatkan
kemampuan, ketrampilan dan profesionalitas personil dalam melakukan pencarian dan pertolongan/penyelamatan laut, Brimob Polda Maluku melakukan latihan SAR laut di Pantai Poka Kecamatan Baguala Kota Ambon, Selasa (16/2/21).

“Dalam operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang kegiatan dilapangan,” kata komandan kompi (Danki) 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku Iptu L. Tenine.

Selain meningkatkan kemampuan, latihan SAR laut ini juga sebut Tenine, guna
kesiapan operasional tim SAR Kompi 4 Batalyon A melaksanakan latihan teknik water rescue dan RJP terbatas.

“Pelatihan ini untuk mensinergikan gerakan saat bencana/musibah diair dan juga wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan dan satuan guna mendukung tugas dilapangan serta membentuk mental personel bila dibutuhkan untuk bergerak dilautan lepas,” kata Tenine.

Latihan SAR laut ini bebernya, mengajarkan beberapa hal yaitu melatih kemampuan renang, teknik dayung pecah gelombang balik perahu, teknik evakuasi serta penyelamatan korban dilaut sesuai SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban.

“Latihan ini membutuhkan kesiapan fisik prima, dilandasi profesionalisme, semangat serta kesungguhan agar pelaksanaan latihan optimal. Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong sendiri,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed