Tim PKMS Fakultas Kesehatan UKIM Gelar Sosialisasi Karies Gigi

AMBON,MRNews,com.-  Permasalahan karies gigi pada anak usia sekolah dasar di Maluku adalah menjadi topik utama dalam kegiatan sosialisasi, praktek masal menggosok gigi, dan pemeriksaan gigi yang melibatkan semua siswa dan guru di SD Negeri 5 Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini dilakukan beberapa waktu lalu yang melibatkan Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dari Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) yang diketuai oleh Dr. Zasendy Rehena, M.Kes dengan menghadirkan dokter gigi dr. Rahcmawaty dan petugas kesehatan dari Puskesmas Waai. Menurut Rehena pelaksanaan kegiatan yang didanai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemristekdikti ini dilatarbelakangi oleh tingginya Prevalensi Karies Gigi di Maluku berdasarkan data Riskesdas (2013) melebihi angka Nasional yaitu 54,4% dan khususnya kasus karies gigi yang dialami oleh siswa-siswi di SD Negeri 5 Waai.

Ketua Tim PKMS mengakui bahwa Hasil pemeriksaan gigi oleh dr. Rahcmawaty menunjukan bahwa hampir semua siswa yang diperiksa mengalami karies gigi (gigi berlubang) yakni 81 siswa (92,06 %), karang gigi 1 siswa (1,13%) dan yang tidak mengalami karies gigi hanya 6 siswa (6,81). Menurutnya untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, dapat dilakukan upaya promosi kesehatan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui program UKS dan UKGS, media cetak maupun elektronik, penyuluhan langsung, bimbingan dan konseling, intervensi perubahan perilaku.

Dijelaskan pula, dengan kegiatan ini diberikan penyuluhan bagi siswa tentang apa itu karies  gigi, faktor-faktor yang menyebabakan karies gigi, upaya pencegahannya dan cara menggosok gigi yang benar diwujudkan melalui praktek masal menggosok gigi, sehingga siswa dapat mempraktekan dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan demikian masalah karies gigi dapat diatasi sejak dini melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, menurut pengakuan Kepala Sekolah Ny.J. Haumahu/B, S.Pd bahwa kegiatan ini sangat membantu pihak sekolah sebagai media untuk meningkatkan Perilaku Hidup sehat dan Bersih pada siswa. (*)

 

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *