by

Tiga Tahun Kosong, Johan Lewerissa Akhirnya Isi Kursi Gerindra di DPRD

AMBON,MRNews.com,- Setelah kosong tiga tahun lamanya karena sengketa internal dengan Robby Gaspersz, akhirnya satu kursi milik partai Gerindra di DPRD Maluku diisi Johan Johanis Lewerissa.

Kepastian itu terjadi usai Lewerissa diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dalam rapat paripurna DPRD sesuai keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 161.81-1112 tahun 2022, tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Maluku masa jabatan 2019-2024, Jum’at (20/5).

Wattimury katakan, dengan peresmian dan pengangkatan Lewerissa sebagai anggota dewan, maka telah mengisi satu kursi anggota DPRD dari Gerindra yang belum terisi sejak tahun 2019.

“Pentingnya pemaknaan terhadap sumpah/janji yang diucapkan ialah implementasinya dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan rakyat,” terang Wattimury di Baileo Rakyat Karang Panjang.

Hal ini penting untuk diingatkan, karena selaku unsur penyelenggara pemerintah daerah, DPRD dituntut untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebaik-baiknya.

“Setelah lalui jalan panjang, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Maluku telah jadwalkan pelantikan Johan sebagai dewan disisa masa jabatan 2019-2024 gantikan Robby Gaspersz, sesuai SK Mendagri yang realisasi hari ini. Maka enam kursi Gerindra lengkap,” akunya.

Sementara, Gubernur Maluku Murad Ismail tegaskan, sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD, menandai dimulainya masa tugas Johan sebagai wakil rakyat dalam lembaga legislatif.

Penetapan keputusan Mendagri tentang peresmian pengangkatan Lewerissa, tambahnya, telah melewati prosedur hukum dan mekanisme administrasi sesuai ketentuan yang berlaku. Maka tidak lagi ada alasan mempertanyakan atau perdebatkan proses pengangkatan yang bersangkutan.

“Mari hormati ketentuan hukum yang berlaku. Kita harapkan kinerja DPRD dapat ditingkatkan dengan masuknya Johan. Utamanya dalam menampung dan menyuarakan aspirasi masyarakat dan meningkatkan kerjasama, kemitraan strategis antara legislatif dan eksekutif di Maluku,” katanya.

Diketahui, pelantikan Lewerissa turut dihadiri Wakil Gubernur Barnabas Orno, Penjabat Sekda Sadali Ie, anggota BPK RI, Forkopimda Maluku, anggota DPRD Maluku, ketua dan anggota pengadilan Tinggi Maluku, ketua dan anggota KPU Maluku. (MR-02/BAP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed