by

Tiga Daerah di Jawa Pemasok Bawang Terbesar ke Kota Ambon

-Kota Ambon-81 views

AMBON,MRNews.com,- Tiga daerah di Pulau Jawa menjadi daerah pemasok bawang terbesar ke Kota Ambon yaitu Probolinggo, Brebes, dan Madura. Selain juga daerah Sulawesi. Namun saat ini pemasokannya sedikit terhambat karena Pandemi Covid-19.

“Bawang yang selama ini dijual dipasaran berasal dari luar daerah. Saat ini pemasokan sedikit terhambat. Jadi kalau pasokannya terhambat ya pasti berimplikasi ke harga di pasaran),” ungkap Kadis Perindustrian Perdagangan (Perindag) Kota Ambon Pieter Leuwol di Ambon, Senin (16/11).

Harga bawang dipasaran kata Leuwol, bergantung jumlah permintaan costumer. Dalam artian apabila stok terbatas namun peminat banyak, maka dapat mempengaruhi harga barang kebutuhan tersebut.

“Terkait Supply Demand, permintaan kalau tinggi sementara stoknya terbatas pasti berimplikasi ke harga,” papar Leuwol.

Meski pasokan bawang terhambat, dirinya berani menjamin tidak ada terjadi penimbunan, sebab sanksi yang diberikan sangat membebani pedagang, daripada menimbun yang untungnya kecil. Sehingga tidak mungkin ada tindakan seperti itu.

“Nilai timbun hanya sekian puluh juta dibandingkan dengan sanksi yang akan dia dapati disitu kan lebih baik cuma tinggal dia pilih saja. Tergantung supply sajalah,” tandasnya.

Namun apabila kedapatan ada pedagang yang memang sengaja lakukan penimbunan, mengingat Natal sudah dekat sehingga tindakan tersebut bertujuan untuk meraup keuntungan, dirinya tak segan akan memberi sanksi tegas.

“Katakanlah kalau ditemukan seperti itu berarti konsekuensi besar buat dia (pedagang), dia timbunan cuma sekian tapi sanksinya milyar,” demikian Leuwol. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed