Tertibkan APK, Bawaslu Minta Kerjasama Parpol

AMBON,MRNews.com,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ambon mulai hari ini (15/4) hingga besok (16/4/19), lakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang masih terpampang di lima kecamatan di kota Ambon. Bawaslu pun meminta kerjasama dan sukarela dari pihak partai politik (Parpol) untuk juga sendiri menurunkan APK Parpol. Namun jika tidak pun, tetap Bawaslu akan menertibkan.

“Lima kecamatan itu kami sudah turun hari ini. Mestinya kemarin, tapi karena berhubung teman-teman di Ambon yang Kristen lagi Sidi, maka kami tunda hari ini. Sudah lima kecamatan melakukan pembersihan. Yang paling banyak di kecamatan Sirimau jumlah APK, kemudian Nusaniwe, Baguala, Leitisel paling sedikit dan Teluk Ambon juga tidak terlalu banyak juga,” ujar ketua Bawaslu Kota Ambon, Jen Latuconsina di Sporthall, Karpan, Senin (15/4/19).

Memang diakui Jen, pihaknya sudah sampaikan dan himbau lewat WhatsApp grup pimpinan partai politik di Kota Ambon, agar mereka menertibkan secar sukarela APK. Namun kalau belum, maka hari ini diturunkan petugas gabungan. “Tanggal 13 itu saya lewat Whatsapp sudah memberikan pemberitahuan dan surat resmi kami sudah menyusul kepada mereka, karena tidak ada yang indahkan terpaksa hari ini, kami dengan Satpol pp membersihkan,” tegasnya.

Ditanya mengenai APK yang beredar di media sosial salah satunya facebook baik dari akun pribadi maupun bersponsor masih masif berkampanye untuk jagoannya, menurut Jen, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk wilayah kota Ambon jika postingannya di kota Ambon, diluar itu tidak bisa.

“Kalau media sosial, kami punya kewenangan hanya untuk wilayah di kota Ambon, karena kalau dia mempostingnya itu dari Malra, kebetulan keluarganya di Malra, lalu di kota Ambon dia posting, itu bukan kewenangan kami. Kewenangan kami hanya sebatas warga kota Ambon yang memposting DPR RI, DPD, provinsi dan kota. Saya sudah menghimbau lewat inbox juga dan mereka dengan sukarela membersihkan akun facebook mereka dengan bahan kampanye itu,” beber Jen.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Ambon, Josias Loppies mengaku, penertiban APK yang dilakukan dengan Bawaslu di lima kecamatan, pihaknya menurunkan sekitar 50 personil. “Sudah selesai masa kampanye dan masuk masa tenang, maka APK harus dilepas. Kami turunkan personil sekitar 50 orang bantu Bawaslu di lima kecamatan. Kami upayakan hari ini semua kecamatan terjangkau. Tapi kalau tidak bisa semua, besok kita lanjutkan penertiban. Ada APK yang sudah dilepas Parpol tapi juga ada banyak APK yang belum dilepas,” terangnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *