by

Terkesima, Menparekraf Akui Ambon City of Music Miliki Nilai Jual Tinggi

AMBON,MRNews.com,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno begitu terkesima dengan tampilan gaya bermusik yang disajikan Kota Ambon di dua tahun penganugerahan Ambon city of Music oleh UNESCO, Jum’at (29/10) malam.

Pasalnya, selain penyanyi asal Kota Ambon, ternyata ibu-ibu perbankan, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) juga mampu “menyuguhkan” suara emasnya.

Ambon city of Music sering digaungkan. Sandiaga pun mengaku predikat Ambon city of Music yang diberikan UNESCO itu miliki nilai jual tinggi dan Kemenparekraf akan selalu mengawal dan memastikan Ambon tetap dengan kekhasan musiknya mampu membangun industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kemenparekraf mengawal bahwa UNESCO memberi predikat kepada Ambon sebagai satu-satunya kota di Asia Tenggara yang berkontribusi nyata untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan melalui pikiran kreatif dan inovatif disektor musik,” tandas Sandiaga di pelataran tribun lapangan Merdeka.

Sandiaga memberi apresiasi bagi pemerintah dan seluruh masyarakat yang ternyata memberikan ruang luar biasa bagi musisi dan komunitas musik untuk berkontribusi dan ikut membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Covid-19 betul-betul menghantam sisi kegunaan kita disetiap sektor termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan musik salah satu bagian protokol kesehatan (Prokes) yang baik. Karena lewat musik, mampu menaikkan imun tubuh,” terangnya.

Oleh sebab itu menurutnya, harus dilakukan dengan perencanaan yang baik dan secara berkelanjutan, demi kesehatan dan kenyamanan terjamin. Pengalaman berjumpa dengan beberapa musisi tanah air termasuk Maluku, memberi sinyal industri musik butuh pembangkit semangat.

“Hari ini (kemarin-red) saya melihat, event disektor musik yakni festival musik rakyat untuk dua tahun Ambon city of Music menjadi jawaban atas keraguan bahwa event bisa dilakukan dan itu kita buktikan. Kita tentu berharap ada aspek inovasi dan kolaborasi yang merangkul kita bersama,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed