by

Terima Insentif, Walikota: Kader Posyandu & BKB Pegang Peranan Penting

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 768 kader posyandu dan Bina Keluarga Berencana (BKB) tingkat Kelurahan di Kota Ambon menerima dana operasional atau insentif triwulan III-IV tahun 2021, Selasa (4/1/2022).

Saat penyerahan operasional, Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, kader posyandu dan BKB tingkat kelurahan dibayar operasional dari APBD. Sementara tingkat Desa/Negeri ditangani Desa/Negeri yang terakomodir dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Baru dibayarkan saat ini karena kita alami kesulitan dalam pengelolaan keuangan kota karena anggaran banyak dipakai untuk penanganan Pandemi Covid-19. Sehingga termin III-IV baru bisa terealisir pada Desember 2021 dan terbayar hari ini,” tandas Louhenapessy di Tribun Lapangan Merdeka.

Menurutnya, peranan kader posyandu dan BKB sangat amat penting. Sebab 2045, Indonesia diharapkan sudah memiliki generasi emas. Hal itu bukan ditentukan pada 2045, tapi sudah harus ditentukan dari sekarang.

“Pemerintah sementara berusaha keras supaya anak-anak yang stunting, kurang gizi dan terbelakang, sudah harus semakin hari semakin berkurang,” jelasnya.

Di Kota Ambon kata dia, ada 28 persen anak-anak stunting. Pemerintah berupaya agar angka stunting itu harus turun sampai dengan 14 persen secara nasional pada 2024 dan Ambon menargetkan mesti dibawah 14 persen hingga 2024.

“Jadi walau kita bagus dalam konvergensi, tapi kita masih diatas 20 persen, berarti kita dianggap masih juga bermasalah. Maka posisi kader posyandu dan BKB memegang peranan penting dalam meningkatkan gizi anak-anak Balita, agar 2045 kita bisa capai generasi emas,” terangnya.

Seiring pentingnya peran kader posyandu dan BKB, dirinya mengajak, agar dapat melayani dan menabur dengan sukacita pada anak-anak Balita yang diasuh, seperti anak dan cucu sendiri.

“Pembayaran operasional termin V dan VI akan menyusul setelah ini. Terima apa yang didapat ini dengan sukacita. Tuhan sayang jika kondisi keuangan pemerintah kota (Pemkot) makin hari makin bagus, kedepan operasional bapak/ibu akan dipertimbangkan lebih baik lagi,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse mengajak kader posyandu dan BKB untuk jangan takut berbuat baik. Sebab dengan menabur baik pasti pada waktunya akan menuai baik pula.

“Apa yang bapak/ibu lakukan sangat mulia. Posisi kader posyandu dan BKB sangat penting. Turut membantu Pemkot dalam sosialisasi vaksinasi sehingga Ambon sudah mencapai persentase sangat besar. Nanti saya akan rutin turun ke Desa/Kelurahan jumpai masalah disana,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed