by

Tanam 1000 Pohon di Amahusu, Danrem Bantu Komunitas Lebe Bae 10Juta

AMBON,MRNews.com,- Korem 151/Binaiya bersama komunitas peduli lingkungan Lebe Bae Negeri Amahusu dan masyarakat/jemaat setempat melakukan penghijauan dengan menanam 1000 pohon di lingkungan hutan Weselmov Soa Westopong Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe, Sabtu (21/11).

Dengan mengusung tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa”, aksi sosial tersebut bertujuan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan hidup yang sehat dan lestari.

Pada kesempatan itu, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnol A.P. Ritiauw mengaku, aksi tanam 1000 pohon ini bertepatan dengan hari pohon sedunia, sehingga waktunya sangat tepat.

Karena itu diharapkan penanaman pohon ini bukan sekedar seremonial tapi wajib demi kebaikan bersama.

“Ini kewajiban sebenarnya bagi seorang manusia, karena dengan pohon ini lah yang akan menghasilkan oksigen dan melanjutkan kehidupan dimuka bumi. Sekalian kita mendidik anak-anak kita mencintai dan menjaga alam ini. Jadi kalau sudah ditanam jangan ditebang,” harap Danrem.

Hal itu diakui Ritiauw perlu diingatkan. Sebab dirinya selalu memberi arahan kepada Dandim dan Danramil agar jangan sampai menebang pohon.

“Kalau ditebang, tidak butuh lama, paling 5 sampai 10 menit sudah tumbang tapi pohon ini tumbuh sampai sebesar ini butuh waktu tahun. Jadi merusak itu lebih cepat dibanding kita menanamnya. Mari ajak anak-anak kita tanam pohon, melestarikan alam negeri Amahusu,” ingatnya.

Dikatakan, guna pelestarian lingkungan pihaknya juga beberapa waktu lalu di Kairatu telah menanam 500 pohon. Diharapkan aksi peduli lingkungan ini terus-menerus dilakukan, tidak boleh berhenti.

“Karena kita sudah lihat terutama di Kota Ambon orang tinggal dilereng bukit itu sangat riskan. Dulu kalau musim hujan pasti ada longsor. Longsor karena banyak pohon yang ditebang untuk didirikan rumah maka terjadi banyak korban,” beber Jenderal Bintang Satu itu.

Memelihara alam lingkungan baginya sangat penting demi generasi hari ini dan kedepan. Sebab sebagaimana istilah yang sering diungkap Kepala BNPB Doni Monardo “Kalau kita jaga alam maka alam akan menjaga kita”.

“Kemarin yang kami kirim ada 95.000 ribu pohon Palaka. Pohon palaka adalah pohon asli dari Maluku tapi yang mengembangkan ini pak Doni, membudidayakan pohon Palaka itu sampai puluhan hingga ratusan ribu dan diberikan kepada provinsi lain di Indonesia,” demikian Danrem.

Diakhir penanaman pohon, Danrem bersama warga makan patita sekaligus menyerahkan bantuan dana Rp 10 juta kepada komunitas peduli lingkungan Lebe Bae Negeri Amahusu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed