by

Taman Baca Bebar Timur, Solusi Cerdas Peningkatan Kualitas SDM

-Opini-242 views

(Dari Sidang ke-12 Klasis GPM Damer – 1)
Catatan: Sekretaris Umum MPH Sinode GPM Pendeta Elifas Tomix Maspaitella

AMBON,MRNews.com,- Pendeta Alfred Ohman, Ketua Majelis Jemaat GPM Bebar Timur, Klasis Damer, yang gigih merintis dan mengelolah Taman Baca (TB) di Jemaatnya.

“Mmey pi hetca”, sebuah ungkapan dalam Bahasa Damer yang berarti “mari pergi membaca” tertulis pada tembok talut bangunan Taman Baca yang berlokasi di Pastori lama jemaat tersebut.

Tujuannya cukup sederhana, yaitu membuat anak-anak dan warga jemaat termotivasi untuk melakukan hal yang positif dan bisa berkumpul untuk menceritakan hal-hal yang menambah wawasan serta memberi pengetahuan baru.

Sebab itu TB ini terbuka bagi semua jemaat, dan tampak pada koleksi buku-buku, yang baginya masih harus ditambah. Setidaknya apa yang dirintis Ohman telah menjadi bagian dari cara gereja melakukan budaya literasi di kalangan masyarakat.

TUTOR BELAJAR MALAM

Pada kesempatan bersama di Jemaat Bebar Timur, bertepatan dengan Sidang ke-12 Klasis GPM Damer, dibicarakan pula beberapa solusi cerdas guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui aktifitas pendidikan, yang diselenggarakan gereja.

Salah satu rekomendasi persidangan yang telah ditetapkan dan akan direalisasi pada Juni 2020 nanti ialah “Training Tutor Belajar Malam”. Ini ide menarik yang harus bisa direalisasi.

Rekomendasi ini merupakan hasil evaluasi atas kelemahan Program Jam Belajar Malam di 8 (delapan) Jemaat dalam Klasis GPM Damer, bahwa aktifitas belajar malam tidak berlangsung efektif karena pengawasan orangtua minim, juga motivasi anak masih lemah. Dari catatan evaluasi itu, maka muncul beberapa pikiran strategis, a.l:

a. Pengorganisasian Kelompok Belajar Malam, dengan jalan menghimpun anak-anak sesuai kelas di Sekolah pada masing-masing Sektor Pelayanan

b. Pembentukan Kelompok Sebaya berbasis pada Sektor Pelayanan, sesuai kelas anak di sekolah

c. Penyusunan Agenda Kurikuler, berupa Tata Cara Belajar Malam sebagai pedoman pelaksanaan

d. Pendampingan kelompok oleh Tutor Belajar Malam di masing-masing Sektor Pelayanan

Dalam rangka itu, maka akan ditempuh usaha:

a. Rekruitmen Tutor sesuai Sektor Pelayanan untuk mendampingi aktifitas Belajar Malam di Sektor Pelayanan

b. Training Tutor, yang meliputi Keterampilan Pendampingan Kelompok, Penyusunan Tata Cara Belajar Malam, Evaluasi dan Tindak Lanjut

c. Memfungsikan Majelis Jemaat untuk turut mendampingi dan mengawasi jalannya Belajar Malam di setiap Sektor Pelayanan

Tentu dukungan anggaran menjadi salah satu hal yang penting guna pelaksanaan program ini. Sebagai contoh, Jemaat GPM Batumerah, Klasis Damer, telah menetapkan anggaran kepada para Tutor yang akan melakukan tugas tersebut.

Dalam rangka pelatihan Tutor tersebut, maka Klasis telah bekerjasama dengan 2 (dua) tenaga Indonesia Mengajar (Bapak Guru Igo dan Ibu Guru Upi) untuk memfasilitasi Training Tutor tersebut, nantinya.

Ide ini sebenarnya menjadi ide kontekstual bagi pendidikan di pulau-pulau yang masih minim sumber daya, dan juga kelangkaan tenaga guru.

Semoga hal ini terwujud.  Kalwedo. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed