by

Tak Bermasker, 200 Warga Kena Rapid Ditempat, Empat Reaktif

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, dari hasil operasi yustisi protokol jesehatan yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, Selasa (15/12), terdapat 200 warga tak memakai masker.

Mereka pun terjaring dan harus menerima sanksi melakukan Rapid Tes ditempat. Hasilnya, 196 orang non reaktif, sisanya empat (4) orang reaktif.

“Dari hasil Rapid Tes ditempat terhadap 200 warga yang terjaring tidak memakai masker, empat orang menunjukkan dua garis atau dengan kata lain reaktif. Sisanya non reaktif,” tandas Walikota kepada awak media di Balaikota Ambon, Selasa (15/12).

Empat orang warga yang reaktif itu, sebutnya langsung dibawa ke Puskesmas Valentine Ambon, untuk lakukan proses lebih lanjut yakni Swab tes. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah kota (Pemkot) Ambon sangat tegas bagi pelanggar protokol kesehatan (Prokes).

“Jika nantinya hasil Swab tes mereka positif Covid-19, maka langsung dikarantina pada RS lapangan milik pemerintah kota (Pemkot) Ambon. Kalau negatif yah kembali beraktivitas namun tetap taat protokol kesehatan,” beber Louhenapessy.

Pemkot Ambon, diakuinya sangat serius dalam menekan angka terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, terkait alat Rapid Tes, sudah disediakan cukup terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan.

“Kalau alat Rapid Tes, kita punya cukup. Itu memang pemerintah sudah siapkan alatnya jadi ketersediaannya masih ada dan gratis. Kalau tes mandiri memang beda karena harus bayar,” tutur politisi partai Golkar.

Lebih lanjut tambah mantan ketua DPRD Maluku itu, dalam operasi dan penindakan Rapid ditempat yang berjalan Selasa hingga kedepannya, akan difokuskan pada wilayah yang menjadi pintu masuk Kota Ambon.

“Kita fokusnya di semua titik, seperti ada yang dikawasan Galala, Belakang Soya, Talakae, Batu Meja, dan semua tempat yang memang menjadi pintu masuk,” kunci Louhenapessy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed