by

Tahun Ini, Dana BOS Langsung Ditransfer ke Sekolah

-Pendidikan-315 views

AMBON,MRNews.com,- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) seluruh Indonesia termasuk Kota Ambon tahun ini mulai langsung ditransfer oleh Pemerintah Pusat (Pempus) ke rekening sekolah masing-masing.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang harus dikucurkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) baru diberikan untuk sekolah.

“Dana BOS tahun ini akan langsung ditransfer ke rekening sekolah oleh Pempus. Jadi dia tidak lewat Pemda setempat lagi. Langsung ditransfer dari pusat ke sekolah masing-masing,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ambon Fahmi Salatalohy kepada awak media di DPRD Kota Ambon, Kamis (13/2/2020).

Disatu sisi kebijakan Pempus melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan-kegiatan apa saja yang direncanakan oleh sekolah.

Tetapi disisi lain kebijakan itu juga berdampak pada pengawasan transparansi serta akuntabilitas penggunaan anggaran dana BOS itu.

“Jadi kalau sekolah sudah menggunakan dana BOS, berarti dia harus betul-betul. Laporannya itu tepat waktu, terupdate dan langsung diinput lewat Dapodik,” jelas Salatalohy.

Dengan demikian sekolah lebih bebas lagi untuk menggunakan dana BOS. Tapi dirinya mengaku, sekolah harus hati-hati. Karena ketat dari sisi pertanggungjawaban, akuntabilitas dan transparansinya.

“Bahkan arahan pa Menteri untuk buat papan besar realisasi dana BOS didepan sekolah dengan rincian agar jelas dan diketahui orang tua murid dan publik,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed