by

Syarat Terima Santunan Duka Dipangkas, Sekkot : Jangan Persulit Warga !

AMBON,MRNews.com,- Sejak 1 Maret 2022, uang santunan duka senilai Rp 2 juta bakal diterima langsung warga yang keluarganya meninggal bersama dengan penyerahan akta kematian.

Seiring itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pun telah memangkas syarat mendapat santunan duka agar lebih mudah dan cepat. Yang sebelumnya ada 15 syarat, kini telah dipangkas hanya empat (4) syarat.

“Mulai hari ini, 1 Maret 2022, pegawai Dukcapil akan langsung serahkan santunan duka langsung kepada warga yang meninggal bersamaan penyerahan akta kematian. Sehingga tidak perlu lagi ribet urus di kantor Dukcapil,” tandas Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse.

Bahkan kata Ririmasse, dirinya sudah perintahkan sesuai arahan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, agar syarat mendapat santunan duka dipangkas lebih kecil dan mudah. Sebab itu merupakan hak warga kota.

“Saya minta dinas tidak lagi persulit warga dalam persyaratan santunan duka. Dari 15 syarat kini hanya sisa 4 saja yakni akta kematian, KTP almarhum, KTP ahli waris/keluarga dan kuitansi penyerahan + foto),” ingatnya saat penyerahan mesin cetak e-KTP kepada Dukcapil, Selasa (1/3/22).

Terkait itu, Ririmasse khusus minta Lurah, Raja/Kepala Desa dan RT/RW yang ada di kawasan mayoritas Muslim agar proaktif melaporkan warganya yang meninggal sehingga bisa langsung ditindaklanjuti pegawai Dukcapil dengan penerbitan akta kematian dan santunan duka.

“Sebab di Muslim itu kan ketika ada warga meninggal biasanya langsung pemakaman. Maka pengurus masjid atau elemen pemerintah terkait harus proaktif cepat lapor. Tapi sudah dua warga Muslim yang kita gerak cepat tangani, di Waihaong dan Galunggung,” ujarnya.

Ririmasse mengingatkan lagi, agar pegawai
Dukcapil Ambon kerja pakai hati dan lebih maksimal, tidak boleh pungut biaya sepeserpun dari warga yang dilayani.

“Kalau buat susah warga, pasti ketika meninggal akan susah juga. Ini penting. Sebab tugas pemerintah untuk melayani masyarakat. Ini bukan pencitraan. Hidup ini singkat maka harus berdampak bagi orang lain,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed