by

Suara Parau Danpas, Tak Halangi Suksesnya Detik-Detik Proklamasi.

-Maluku-199 views

AMBON,MRNews.com,- Detik-detik proklamasi kemerdekaan ke 73 RI, yang ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di lapangan Merdeka, Ambon, Jumat (17/8/18) pagi berjalan khidmat dan sukses.

Meskipun, sedikit menegangkan ketika pita suara sang Komandan Pasukan (Danpas), Kapten CPM Ibrahim Rahman Putera terlihat parau saat pelaporan kesiapan pasukan dan pengibaran bendera kepada Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Maluku, Said Assagaff di podium kehormatan hingga selesai pengibaran dan tutup pasukan.

Pantauan media ini, detik-detik proklamasi dimulai tepat pukul 10.00 Wit, dengan komandan upacara Letnan Kolonel (Letkol) Tri Yudianto Hendro Winoto, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1999 dari kesatuan Pabandya Renops Siopsdam XVI/Pattimura dan bertindak selaku Irup, Gubernur Maluku, Said Assagaff. Sedangkan kelompok bangsa, yang bertugas di pengibaran bendera dengan pembawa baki bendera pusaka, Elsa Welmina Waremra dari kabupaten MBD.

Usai memimpin pasukan, Kapten CPM Ibrahim Rahman Putera mengaku bangga bisa mewakili kesatuannya dan terutama TNI di Maluku saat detik-detik proklamasi sehingga dapat berjalan lancar dan sukses, meski ada sedikit “insiden” suara parau saat laporan. Apalagi, ini jadi pengalaman pertama sebagai Danpas 45.

“Memang tiba-tiba terjadi itu (suara parau-red). Tapi Insya Allah bisa selesai dengan baik dan sukses. 2 minggu kita latihan full, jauhkan dari makanan gorengan, es, minum jeruk terus serta minum air hangat dan permen. Ini pengalaman pertama jadi Danpas 45, sebelumnya memang pernah komandan upacara, Danki dan Danton di Ternate. Semoga apa yang kami lakukan ini dalam pengabdian bagi bangsa dan negara, bisa menjadi inspirasi bagi anak muda Maluku,” ujar pria berusia 30 tahun kelahiran Jakarta itu bangga.

Sejumlah undangan turut hadir saat detik-detik proklamasi diantaranya Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua dan Sekda Hamin bin Tahir bersama pimpinan OPD Pemprov Maluku, Forkopimda Maluku, pimpinan dan anggota DPRD Maluku, Walikota Ambon Richard Louhenapessy-Wakil Walikota Syarif Hadler-Sekkot A.G. Latuheru bersama Forkopimda Kota Ambon, pimpinan OPD, pimpinan dan anggota DPRD Kota Ambon, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan para orang tua Paskibraka. (MR-02)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed