by

STIA Trinitas Gandeng Diskominfo-Sandi Sosialisasi SIMAK di Pankas

-Kota Ambon-300 views

AMBON,MRNews.com,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVI STIA Trinitas Ambon menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo-Sandi) Pemerintah Kota Ambon untuk sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kependudukan (SIMAK) kepada perangkat kelurahan baik RT/RW, tokoh masyarakat yang ada di Kelurahan Pandan Kasturi Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Sabtu (14/3/2020).

Usai sosialisasi, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIA Trinitas Ambon Jusak Ubjaan katakan, sosialisasi SIMAK merupakan salah satu program mahasiswa KKN dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Tujuannya, selain mendukung Ambon sebagai kota pintar, tetapi juga mendukung program nasional Sensus Penduduk (SP) 2020 terkait data based online.

“KKN ini kewajiban disemua perguruan tinggi yang menjangkau masyarakat secara berkala. Apalagi kami punya program IT lain yaitu pengenalan komputer bagi saniri di desa-negeri di Ambon. Juga ada program non fisik dengan desa-negeri. Sosialisasi SIMAK ini jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dikelurahan Pandan Kasturi sebagai tempat KKN mahasiswa,” jelas Jusak.

Kepala Diskominfo-Sandi Kota Ambon Joy Adriaansz yang juga hadir selaku narasumber memberi apresiasi kepada mahasiswa KKN STIA Trinitas selaku motor penggerak bersama perangkat kelurahan Pandan Kasturi (Pankas) melakukan sosialisasi SIMAK. Ini menandakan sebuah komitmen besar bagi kelurahan ini untuk nantinya bisa mengimplementasikan aplikasi SIMAK.

Aplikasi SIMAK, kata Joy, guna mempermudah dan mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) ditingkat kelurahan berbasis online sebagai implementasi dukungan Ambon kota pintar/cerdas (smart city). Sebab biasanya, minimal tiga-empat hari masyarakat terlayani untuk keperluan Adminduk. Pankas jadi kelurahan keenam yang disosialisasi SIMAK, tersisa 14 kelurahan.

“Aplikasi SIMAK hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Pelayanan singkat, cepat tuntas. Sebab prosesnya mulai dari RT/RW sudah pakai aplikasi, masyarakat mendapat surat yang diinginkan ada tandatangan dan cap digital. Bisa juga manual, tapi bukti pelunasan PBB tetap dilampirkan. Atau masyarakat bisa proses lewat staf kelurahan sebagai admin. Target kita 14 kelurahan sisa akan tuntas di minggu ketiga dan keempat bulan ini,” jelas Joy.

Sementara itu, Lurah Pankas L.H Sopamena mengaku, sosialisasi SIMAK oleh Diskominfo-Sandi adalah inisiatif mahasiswa KKN STIA Trinitas. Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi perangkat kelurahan serta RT/RW.

“Menambah nilai positif bagi kelurahan lewat informasi yang diberikan. Sebab kedepan sistem pelayanan sudah meningkat, maju berbasis aplikasi agar kebutuhan Adminduk di RT/RW dan kelurahan dipermudah dan cepat,” terangnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed