by

Stafsus Presiden Ajak Pemuda Ambon Berani Berkarya

-Kota Ambon-373 views

AMBON,MRNews.com,- Staf Khusus Presiden Bidang Entrepreuner dan Inovasi Billy Yosefat Mambrasar mengajak anak muda Maluku khususnya Kota Ambon mesti berani berkarya dan keluar dari zona nyaman. Ajakan Billy itu terungkap lewat talkshow di Amahusu Beach-Negeri Amahahusu, Kamis (13/2/2020).

“Kita anak-anak muda di Indonesia Timur khususnya Maluku jangan tertinggal. Kita lihat banyak entrepreuner muda, start up sekarang menjadi musim. Pekerjaan bukan lagi seperti dulu menjadi PNS, sekarang sudah start up seperti Gojek, Grab, Ruang Guru, usaha-usaha kreatif, Influencer, seni. Ambon penuh ide seni tapi sayangnya belum sampai ditahap start up,” ungkapnya.

Lulusan Oxford University itu menyatakan, konsistensi penting dengan sedikit bicara, banyak aksi. Karena anak muda harus bawa perubahan bagi lingkungan, daerah bahkan bangsa. “Anak muda menjadi penggerak bangsa dengan mengikuti perkembangan zaman digitalisasi. Sudah start up. Kembangkan wirausaha dan inovasi berbasis start up, agar kita tidak kalah,” pesannya.

Sementara Founder Indo East Network Iksan Tualeka mengaku, sekarang zaman sudah berubah ke era digital. Maka itu harus dimanfaatkan oleh anak muda. Selain juga, harus ada kolaborasi antara pemerintah dengan pemuda dan semua stakeholder, tidak bisa bekerja sendiri membangun Maluku, Ambon. Pemerintahan tidak bisa kerja sendiri.

“Kita mesti komitmen dari diri sendiri, untuk membuat sejarah. Minimal tidak membuat sampah ke laut. Tidak buang puntung rokok di jalan. Harus berubah. Jika tidak, kita akan kalah. Kita harus tunjukkan anak muda Indonesia timur tidak kalah dengan di Jawa,” ingat Iksan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A.G Latuheru menegaskan, jika ingin menjadi generasi muda yang sukses dan maju harus rajin, tidak malu, memulai dari bawah. Karena saat ini, tak lagi ada waktu bagi pemuda untuk hanya mengkritik, tapi juga harus mampu memberi solusi konstruktif.

“Gagasan-gagasan dari bung Billy ini tidak boleh berakhir, tapi harus tindaklanjuti, disambut. Termasuk rencana lakukan youth creative hup. Ini starting poin membangun generasi Ambon kedepan, tidak lagi berpangku tangan. Malam ini (kemarin-red) di Amahusu jadi semangat baru bagi millenial Ambon untuk berkarya dan berinovasi,” tukas Latuheru. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed