by

SMAN 8 Ambon Jadi Sasaran Kegiatan PkM FIPK IAKN

-Pendidikan-242 views

AMBON,MRNews.com,- SMA Negeri 8 Ambon menjadi sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon dosen dan mahasiswa pada 21 September – 03 Oktober 2020. PkM tahun 2020 mengusung tema “optimalisasi pembelajaran dalam pandemic Covid-19 diikuti 20 siswa dan 20 guru.

Tim PkM dari Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) Prodi PAK itu diketuai Dr. Yowelna Tarumasely, M.Pd, bersama Neltji Siahaya, S.Sos, MA, Johan R. Marlisa, M.Th, Franklin Untailawan, M.Pd, Cynthia L. Sapulette, M.Si, M.E. Toisuta, M.Acc.Ak serta dua mahasiswa Westy M. Patty dan Venska Likumahua.

Lewat rilisnya kepada media ini, Jumat (16/10), Tarumasely katakan, PkM IAKN Ambon wujud pelaksanaan salah unsur tridarma perguruan tinggi. Juga merupakan upaya para dosen dan mahasiswa untuk bersama-sama para guru dan siswa SMA Negeri 8 Ambon guna mengoptimalisasikan kegiatan pembelajaran dalam pandemic Covid-19 saat ini.

Pada kegiatan PkM sebutnya, terdapat beberapa bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain pelatihan microsoft 365 kepada para guru dan siswa; pelaksanaan pembelajaran dengan berbagai strategi dan metode yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam masa pandemic Covid-19.

Kemudian, pelatihan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran berbasis teks; pelatihan dasar jurnalistik serta peningkatan spiritualitas siswa dalam menghadapi masa sulit ditengah pandemic Covid-19.

“Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dalam bentuk tatap muka, diikuti 20 guru dan 20 siswa dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan (Prokes),” tandas Tarumasely.

Kepala SMA Negeri 8 Ambon M.S Thenu S.Pd, M.Pd meresponi dengan baik PkM IAKN Ambon. Baginya, PkM memberikan kontribusi besar terutama bagi para guru dan siswa untuk lebih siap dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pandemic Covid-19 ini.

Menurutnya, peningkatan kapasitas guru dan siswa dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran merupakan hal utama yang harus terus ditingkatkan. Terlebih lagi penggunaan aplikasi pembelajaran akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

“Dalam maraknya penggunaan sosial media sebagai sarana pembelajaran, siswa harus diberikan edukasi terkait etika-etika dalam bersosial media disamping pentingnya memiliki kemampuan berpikir kritis serta spiritualitas yang baik,” ungkap Thenu.

Sementara Dekan FIPK IAKN Ambon Dr. Agusthina Siahaya, M.Th mengaku, melalui PkM ini, FIPK IAKN Ambon juga membentuk hubungan kerjasama dengan SMA Negeri 8 Ambon. Hubungan kerjasama itu ditandatangani melalui sebuah memorandum of understanding (MoU) pada 03 Oktober 2020 lalu.

“Dengan adanya hubungan kerjasama tersebut diharapkan kedua pihak dapat terus membangun sinergitas guna meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Maluku,” pungkas Siahaya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed