SK Golkar & Gerindra Diterima, Sekwan: Besok Diusulkan ke Pemprov

AMBON,MRNews.com,- Sekretaris DPRD Kota Ambon Elkyopas Silooy katakan pihaknya telah menerima surat keputusan (SK) dan surat pengantar tentang penetapan calon pimpinan DPRD kota Ambon masa bakti 2019-2024 dari partai Golkar dan partai Gerindra hari ini. Sementara PDI Perjuangan sudah diterima sejak September lalu.

Maka besok, surat dan berkas pengusulan calon pimpinan defenitif DPRD kota Ambon baik itu Golkar, PDIP maupun Gerindra akan segera diusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam hal ini Gubernur melalui Walikota Ambon.

“Golkar maupun Gerindra sudah masuk sore ini. Surat pengantar dari DPC dan DPD masing-masing serta SK DPP. Sebab hari ini deadline. Karena sudah masuk, maka besok katong akan proses ke Gubernur melalui Walikota. Nanti surat katong kirim ke Walikota untuk diteruskan ke Gubernur,” ujar Silooy kepada media ini via WhatsApp, Senin (7/10/19).

Setelah surat dilayangkan ke Gubernur melalui Walikota selanjutnya kata Silooy, adalah domain Gubernur untuk penerbitan SK pengesahan atau penetapan pimpinan DPRD kota Ambon defenitif. Pihaknya hanya menunggu hasil dari Gubernur untuk diproses lebih lanjut dengan mengagendakan waktu pelantikan atau pengucapan sumpah janji.

“Sesuai surat masing-masing partai, untuk Golkar itu khan Ibu Ely Toisuta, PDI Perjuangan pa Gerald Mailoa dan Gerindra pa Rustam Latupono. Komposisi calon pimpinan semua sudah lengkap sesuai usulan partai masing-masing. Tinggal kita menunggu pengesahan SK dari Gubernur. Kalau sudah, baru kita agendakan waktu pelantikan,” bebernya.

Terpisah, ketua sementara DPRD kota Ambon Ely Toisuta menyebutkan, nantinya ketika besok surat usulan penetapan calon pimpinan DPRD kota Ambon defenitif sudah dilayangkan Sekwan ke Gubernur melalui Walikota guna pengesahan, diharapkan prosesnya dapat berjalan lebih cepat sehingga SK dapat terbit awal dari waktu yang direncanakan, sehingga dapat agendakan waktu pelantikan.

“Semua sudah tidak ada masalah. Golkar, PDIP dan Gerindra sudah clear. Kita harapkan dalam minggu ini prosesnya sudah berjalan. Paling lambat minggu depan SK sudah diterima dan bisa diatur jadwal pelantikan pimpinan defenitif oleh pihak Setwan. Kita akan coba dorong Gubernur dan pihak terkait lebih mempercepat prosesnya karena tugas dan kerja DPRD mendesak. Katong akan minta Pemprov bisa proaktif memastikan SK pimpinan defenitif DPRD kota paling lambat minggu ini atau awal minggu depan tuntas,” demikian Toisuta. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *