by

Sisakan 61 Pasien, Kadinkes Ambon Bantah Data Covid-19 Provinsi

AMBON,MRNews.com,- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon per 12 September 2021 sesuai data yang dikantongi Dinas Kesehatan (Dinkes), hanya menyisakan 61 orang.

Namun data yang dirilis Satgas Covid-19 provinsi Maluku berbeda jauh, masih 135 pasien. Perbedaan mencolok ini pun mendapat sorotan dan kritikan dari pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

Menurut Kepala Dinkes Ambon Wendy Pelupessy, data yang dikeluarkan Satgas provinsi sama sekali keliru. Karena faktanya berbeda dengan pihaknya rilis.

“135 mana, katong punya data yang dirawat cuma 61 orang. Datanya itu kan yang tahu kita punya data sendiri,” tandas Wendy kepada awak media di Balaikota Ambon, Senin (13/9).

Menurutnya, sorotan itu karena semua data Covid-19 yang masuk dan sebelum dipublish untuk masyarakat tahu, Dinkes selalu cocokan dengan tim Satgas desa/kelurahan dan negeri. Sehingga tidak mungkin salah.

“Ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan karena kita kerja dengan data. Jangan sampai dikritik. Maka kroscek data penting, dari bawah ke atas. Jadi data kita itu data riil yang di lapangan, sisa 61 yang dirawat sampai kemarin,” tegasnya.

Dari 61 pasien itu, sebutnya, di RS lapangan Everbright sekarang hanya tinggal 10 orang dan Asrama Haji Waiheru milik provinsi sekitar 15 orang. Sementara yang isolasi mandiri (Isoman) sekitar 20-an saja. Sisanya di rumah sakit.

“Beta belum cek hari ini ada berapa lagi yang keluar. 61 orang itu ada yang di rumah sakit, Isoman dan dua rumah sakit lapangan. Persebarannya yang Isoman itu jelas, di RT mana, desa mana,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed