by

Sinergi Pentahelix, Kunci Percepatan Penanganan COVID-19

-Kota Ambon-144 views

AMBON,MRNews.com,- Sinergi lima unsur pembangunan atau yang biasa disebut pentahelix dipandang sebagai kunci dalam bersama-sama membantu percepatan penanganan COVID-19. Dimana unsur masyarakat atau komunitas sebagai social power.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan, tanggungjawab penanganan COVID-19 ini bukan saja sepenuhnya oleh pemerintah tapi ada empat komponen utama lain yang turut bersama-sama bersinergi dan diharapkan bisa saling membantu.

Pertama pemerintah. Tentu pemerintah selaku penggerak, penuntun, kemudian memberikan himbauan ajakan dan melaksanakan kewajiban yang telah diatur oleh Undang-undang kepada rakyatnya.

Komponen kedua adalah media. Media ini juga merupakan peranan yang tidak kecil dalam upaya untuk meningkatkan semangat dan gairah bagi masyarakat.

“Media juga sifatnya mengkritisi dan itu berdampak besar juga secera psikologis sosial bagi masyarakat, tapi dia mengkritisi dalam hal-hal positif tentunya. Dampaknya akan berbeda bagi rakyat dan pemerintah tidak pernah menutup pintu untuk dikritisi media,” tukas Walikota saat menerima bantuan APD dari Hotel Sumber Asia, Senin (29/6).

Ketiga, pihak swasta. Apa yang dilakukan Hotel Sumber Asia ini salah satu contoh yang ditunjukkan partisipasi swasta dalam membantu percepatan penanganan COVID-19.

“Menutup usaha dan mendengar anjuran pemerintah itu bagian partisipasi yang sangat luar biasa. Menutup dan tidak mengeluh itu partisipasi dan kontribusi besar untuk kita menangani COVID-19,” tukasnya di Balaikota.

Komponen keempat adalah akademisi. Komponen ini juga penting untuk memberikan pencerahan yang edukatif bagi masyarakat. Terakhir yakni unsur masyarakat itu sendiri. Masyarakat menjadi pusat seluruh penanganan COVID-19.

“Kalau lima ini secara bersama-sama kerja, saya yakin COVID-19 bisa dikendalikan dan kita bisa kembali dalam kondisi new normal. Ini contoh baik yang ditunjukan pak Rizal (pimpinan Hotel Sumber Asia) buat kita dan yang lain. Juga sediakan hotelnya untuk tinggal pasien COVID-19 maka patut diberikan penghargaan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed