by

Sinergi Dengan Pemerintah, Kunci Sukses Kadin

AMBON,MRNews.com,- Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani menegaskan, bersinergi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah adalah hal mutlak dan jadi kunci sukses bagi organisasi profesional seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Pasalnya sinergi diperlukan apabila ingin mendapatkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Maka harapannya pengurus Kadin Maluku yang dilantik bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi.

“Saya selalu meyakini bahwa sinergi antara pemerintah baik pusat dan daerah bersama Kadin adalah suatu hal yang mutlak apabila ingin mendapat pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Saya harapkan pengurus Kadin Maluku yang baru bisa bersinergi bersama pemerintah provinsi sehingga apa yang diinginkan bisa terwujud,” tandas Rosan kepada awak media usai melantik pengurus Kadin Maluku di Santika Hotel Premiere Ambon, Jumat (25/10/19).

Pasalnya, Kadin sesuai amanat Undang-undang nomor 1 tahun 1987 adalah mitra strategis pemerintah baik di pusat maupun daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan ekonomi, meningkatkan kesetaraan, mengentaskan kemiskinan dan juga untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang lahir adalah didukung penuh oleh dunia usaha dan untuk menghasilkan optimalisasi dari pembangunan.

Diakui, dirinya melihat provinsi Maluku mempunyai suatu potensi sangat besar baik dari kekayaan alam wisata bahari maupun sejarah. Apalagi diketahui bersama bahwa perikanan di Indonesia hampir 30 persen berasal dari Maluku melalui laut Seram, Arafura, Banda dan itu harus ditingkatkan kembali. Tentunya harus bersinergi bersama pemerintah untuk membangun infrastrukturnya, membangun cold storage, mengundang para investor dalam maupun luar negeri, serta harus menyempurnakan kebijakan-kebijakan dan memberikan masukan-masukan sehingga kebijakan yang menunjang sektor dunia usaha harus menjadi lebih baik.

“Marilah kita memberi masukan supaya proses perizinan birokrasi jadi lebih baik. Kita menjaga iklim investasi. Kehadiran Gubernur bersama jajarannya di momen itu pun membuktikan kedepan dunia usaha provinsi Maluku Insya Allah akan lebih baik dan berkembang. Saya punya keyakinan tinggi bahwa kita semua akan mendapatkan hasil optimal apabila kita selalu bersinergi bersama pemerintah untuk memastikan pertumbuhan dari provinsi Maluku berkualitas, berkesinambungan dan berkelanjutan,” paparnya.

Sementara, Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak kalangan investor dan dunia usaha, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA) berinvestasi di Maluku. Sebagai organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha di Indonesia termasuk Maluku, Kadin ditantang merespon kondisi daerah yang sedang giat lakukan pembangunan di segala bidang, dan keberadaannya harus bisa menjawab kebutuhan daerah.

“Mari ke Maluku untuk berbisnis dan berinvestasi. Kami siap melayani dan memberikan insentif sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak akan pernah menghambat investor untuk berinvestasi di Maluku,” ajak Gubernur.

Sedangkan, Sam Latuconsina mengaku, dengan posisinya sebagai Ketua Kadin Maluku, dirinya akan memanfaatkan jaringan yang dimiliki Gubernur Maluku dengan cara bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk mendatangkan para investor untuk berinvestasi di Maluku.

“Beliau (Gubernur) memiliki jaringan luar biasa. Hampir semua pengusaha bahkan elit di Jakarta kenal dengan beliau. Jaringan itu akan beta manfaatkan sehingga bisa memberikan pengaruh bagi pembangunan Maluku kedepan,” papar mantan Wawali Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed