by

Sikap Legowo RR, Contoh Politisi Sejati di Maluku

-Politik-1,657 views

AMBON,MRNews.com,- Sikap legowo ditunjukkan politikus Golkar Richard Rahakabuw (RR) yang melepaskan jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku dan berniat segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW) dengan Rasyad Effendi Latuconsina, karena tak ingin Golkar pecah.

Dilepasnya jabatan pimpinan DPRD oleh politisi yang pernah meraih prestasi sebagai Best Parlement Award atau anggota DPRD Provinsi terbaik oleh lembaga independen di Indonesia itu diapresiasi kader beringin sebagai contoh seorang politisi sejati di Maluku.

“Sikap pa RR itu lazim dilakukan politisi lain dengan langsung nyatakan mundur atau melepas jabatan politiknya baik dilegislatif atau eksekutif, sulit ditemui. Sebagai politisi Golkar, kita harus belajar dari sikap gentle beliau, terlepas dari segala dinamika yang terjadi,” kata politisi muda Golkar Eric Betaubun.

Betaubun yang juga sekretaris AMPI Maluku menilai, mundurnya RR dari Wakil Ketua DPRD supaya Golkar tidak terpecah dan berlarut-larut bermasalah dengan proses PAW. Bahwa selama ini RR bertahan, karena proses PAW yang dinilai bermasalah bukan karena jabatannya.

“Kalau selama ini pa RR bertahan karena proses PAW yang dinilai bermasalah bukan jabatannya. Sebab itu, beta apresiasi langkah yang ditempuh beliau. Itu bentuk pertanggungjawab moril sebagai politisi besar yang cukup dikenal publik karena rekam dan jejaknya teruji,” jelas Eric kepada media ini di Ambon, Rabu (6/5).

Tindakan ksatria RR itu, diakui Eric, jadi contoh buat para politisi Golkar khususnya dan Maluku pada umumnya bahwa jabatan bukan sesuatu yang harus dipertahankan. Sebab jabatan adalah anugrah dan titipan sementara dari Tuhan.

Apalagi ada banyak agenda-agenda politik yang akan dihadapi partai Golkar setelah pandemi Corona atau COVID-19 berakhir. Sehingga solidnya kader Golkar terutama dilevel legislatif itu sangat penting demi kemenangan partai dalam kontestasi politik apapun kedepan.

“Akan tetapi ditengah kondisi yang ada beta yakin Golkar Maluku dibawah kepemimpinan Ramli Umasugi (RU) pasti akan kembali jaya. Karena RU adalah energi baru Golkar Maluku,” jelasnya.

Tak saja Betaubun, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury juga memberikan apresiasi terhadap keputusan Rahakbauw dalam menyelesaikan masalah internal partai. Manakala dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus), Rahakabauw siap meletakan jabatan Wakil Ketua sesuai keputusan partai.

“Dalam rapat Bamus tadi, pak Ris (RR) sendiri yang meminta agar pergantian pimpinan dapat segera dilakukan. Kalau bisa paling cepat hari Jumat ini. Karena itu, semua proses akan disiapkan untuk melakukan rapat paripurna” kata Wattimury usai rapat di DPRD.

Sementara, Rahakbauw didampingi Sekwan DPRD Maluku Bodewyn Wattimena kepada awak media di ruang kerjanya menerima keputusan DPP Partai Golkar untuk melakukan pergantian PAW.

“Saya dengan legowo bersedia melepaskan jabatan sebagai wakil ketua DPRD Maluku sesuai keputusan DPP Golkar. Selanjutnya saya akan melakukan tugas-tugas keseharian selaku anggota biasa DPRD Maluku. Sebab sebagai kader partai sudah selayaknya saya mendukung keputusan DPP demi kejayaan Partai Golkar di Maluku” ujar Rahakbauw.

Dirinya juga meminta maaf jika selama memangku jabatan sebagai wakil ketua DPRD Maluku ada tindakan dan kata-kata yang tidak menyenangkan yang dilakukan.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan ketua DPRD Maluku agar pergantian pimpinan dilakukan hari Jumat dalam minggu ini. Sehingga semua proses bisa disiapkan untuk menggelar rapat paripurna. Sekaligus saya memohon maaf jika selama kepemimpinan saya ada tindakan dan kata-kata yang tidak mengenakan,” urai Rahakbauw. (MR-02/MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed