by

Setelah Vlissingen & Darwin, Ambon-Bandung Jajaki Kerjasama Sister City

-Kota Ambon-301 views

AMBON,MRNews.com,- Setelah Kota Vlissingen-Belanda dan Darwin-Australia yang sebelumnya sudah membangun kerjasama Sister City (kota saudara) dengan Kota Ambon dibidang kesehatan dan pariwisata, kini penjajakan kerjasama serupa akan coba dilakukan dengan Kota Bandung-Jawa Barat.

Rencana itu muncul dari hasil Konferensi Musik Indonesia (KAMI) II yang terlaksana di Kota Bandung November 2019 lalu yang melahirkan rekomendasi kemungkinan Ambon-Bandung kerjasama sebagai sister city. Kabar tersebut turut dibenarkan Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

“Jadi itu khan rekomendasi dari KAMI II di Bandung. Kalau boleh dijajaki kerjasama antara Bandung dan Ambon sebagai Sister City. Kita sambut baik rekomendasi itu. Tahun ini kita akan coba tindaklanjuti dia dengan Walikota Bandung,” ungkap Walikota usai pembukaan FGD Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Musik di VIP room Balaikota Ambon, Selasa (10/3/2020).

Diakui Louhenapessy, dirinya sudah penjajakan awal dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Dan diharapkan dalam waktu dekat, bisa bertemu Walikota Bandung Oded Muhammad Danial untuk matangkan.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, saya diterima Walikota Bandung untuk kita matangkan dia (sister city),” terang politisi Golkar.

Bagi Walikota, kemungkinan Sister city Ambon-Bandung sangat positif dan berdampak bagi Ambon. Sebab diketahui, Bandung mempunyai infrastruktur dan sumberdaya luar biasa dari segala hal apa saja untuk musik.

Sebab Bandung dan Ambon lanjutnya, sama-sama sudah tercatat sebagai jejaring kota kreatif UNESCO. Bandung dibidang desain, sedangkan Ambon selaku kota musik dunia.

“Kenapa kita juga tidak belajar atau bangun kerjasama sehingga mungkin kita punya sumberdaya manusia bisa kita droop ke Bandung. Lalu Bandung punya fasilitas apa saja bisa kita belajar untuk pakai di Ambon sini. Itu yang akan kita mau dorong,” tukasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed