by

Setahun Ambon UNESCO City Of Music, Sejumlah Event Hiasi Colorful Ambon Kota Musik

-Kota Ambon-124 views

Jakarta,MRNews.com,- Memperingati 1 (satu) tahun penganugerahan jota kreatif dibidang musik versi UNESCO, atau yang lebih dikenal dengan Ambon UNESCO City of Music, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menggelar Colorful Ambon Kota Musik hari ini, Sabtu (31/10/20).

Sejumlah event akan hiasi Colorful Ambon Kota Musik. Gelaran ini dianggap penting untuk dilakukan, karena setiap 4 tahun, UNESCO akan mengevaluasi predikat tersebut.

Saat Pemkot Ambon melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama, September lalu, guna membicarakan revitalisasi Benteng Victoria, Menteri Wisnu mengingatkan Pemkot untuk tetap menjaga predikat tersebut.

“Saya pernah katakan ke Walikota, gimana nih dengan predikat Ambon City of Music, kita harus buat sesuatu untuk menjaga predikat ini. Nanti kita (kementerian-red) akan memperkuat itu. Mumpung sekarang lagi penyiapan anggaran, kita akan buat perencanaan, yang bisa dimulai dengan festival musik, karena bisa membantu sektor pariwisata agar lebih baik lagi,” ujar Wisnu.

Oleh karena itu mantan pemilik salah satu stasiun TV swasta Indonesia itu menyambut baik gelaran Colorful Ambon City Of Music, dan bersedia menghadiri acara tersebut.

Sementara Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam rilis media center Pemkot Ambon yang diterima Mimbarrakyatnews.com mengatakan, penilaian UNESCO tersebut penting dan dilakukan untuk semua kegiatan, baik keagamaan, pop maupun secara tradisi.

“Setiap empat tahun, UNESCO lakukan evaluasi apakah Ambon layak untuk tetap diberikan justifikasi sebagai kota kreatif menurut ukuran UNESCO ataukah tidak. Maka kita tetap akan melaksanakan kegiatan itu. Momen apapun itu. Mau keagamaan, kegiatan pop, semua itu termasuk dalam penilaian UNESCO,” ungkap Walikota.

Dikatakan, Colorful Ambon City of Music akan menampilkan Ambon sensation didalamnya live music oleh musisi Ambon dan nasional. Ada pula talk show Ambon UNESCO City of Music, launching music tourism oleh Menparekraf, serta launching music curicullum oleh Dirjen Kebudayaan.

Selain itu, Pemkot Ambon juga sebut Walikota akan memberikan award kepada musisi-musisi Ambon, dalam Tahuri Award.

“Award akan diberikan bagi musisi-musisi Ambon yang dinilai telah berjasa membawa nama baik Ambon dalam hal bermusik baik dikancah nasional maupun internasional,” beber Louhenapessy, Sabtu (31/10).

Colorful Ambon City of Music tambahnya, akan dilakukan secara virtual karena selain lebih luas jangkauannya, juga lebih menguntungkan dari sisi biaya.

“Online itu biaya sedikit, tapi bisa mendapat hasil yang besar dibandingkan offline performance luar biasa mahal, namun jangkauannya kecil. Contoh, ada event digelar di lapangan merdeka, yang nonton hanya kita-kita saja. Tapi kalau online, dia tampil tapi yang nonton itu dunia, padahal biayanya jauh lebih irit,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed