by

Series 2021 Tuntas, BMG Agendakan Football Festival 8 Series di 2022

AMBON,MRNews.com,- Basudara Maluku Global (BMG) Football Festival Series 2021 U-10 & U-12 telah tuntas dihelat, dengan penyerahan trophy kepada para pemenang series Teluk Ambon di Lapangan Sepakbola Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Sabtu (18/12).

Mereka yang mendapat piala juara ialah kategori U-10 ; juara I Rumahtiga FC, juara II Passo FC dan juara III Nehemia FC, kategori U-12; juara I Halaloa FC, juara II Amahusu FC dan juara III Nehemia FC.

Koordinator BMG Maluku Rory Dompeipen katakan, series Teluk Ambon diikuti 9 tim. Namun karena volumenya tinggi, kedepan akan dipisahkan sehingga jadi lebih sedikit dan mudah dikontrol.

Dalam planning kedepan pula akuinya, telah diagendakan kemungkinan 8 series atau titik akan jalan tahun depan yang dimulai serentak 22 Januari 2022. Dengan titik paling banyak di Pulau Ambon, empat-lima titik.

“Series baru itu ada beberapa, diantaranya Leihitu B. Ada juga Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Tempat lain ada minta, tapi kita masih fokus ke 8 itu,” bebernya.

Suksesnya BMG Football Festival Series 2021 kata dia, menjadi evaluasi untuk ditata ulang masuki series 2022. Dimana tim banyak di satu series, libatkan 1000 anak lebih dan bisa jadi dua kali lipat di 2022.

“Semua mendapat perlakuan sama. BMG buat program ini tidak akan pakai instruksi sendiri tapi ajak pelatih, manager, orang tua mari sama-sama lalu kita jalankan program ini. Dengan prinsip “baku kele” yang jadi kita punya prioritas, untuk majukan sepakbola di Maluku,” urai Rory.

Pasalnya, potensi sepakbola di Maluku banyak, tapi sistem pembinaan yang serius yang kurang.

“BMG coba buat pendekatan lewat program Football Festival, lalu kita berupaya untuk bisa menjaring potensi atau bibit muda yang ada,” pungkasnya.

Sementara, wakil ketua Asprov PSSI Maluku Hary Titaheluw berpesan kepada kontestan BMG) Football Festival Series Teluk Ambon U-10 & U-12 agar bila ingin menjadi pemain sepakbola profesional, tanamkan sikap disiplin pada diri yang paling utama.

“Harus disiplin waktu, disiplin latihan dan disiplin ilmu. Itu kuncinya. Serta penting, terus bermimpi dan jangan pernah putus asa. Belum juara, bukan berarti selesai. Harus terus berusaha dan berikan yang terbaik,” pesannya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed