by

Sepekan Kedepan, Waspada Potensi Cuaca Buruk di Wilayah Maluku

AMBON,MRNews.com,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca buruk di wilayah Maluku dalam sepekan kedepan, 8-15 Desember 2021.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Kamar menjelaskan, peringatan ini sesuai hasil analisis indeks osilasi selatan (SOI) bernilai +13,8 mengindikasikan adanya suplai uap air dari samudera Pasifik timur ke samudera Pasifik barat yang berpengaruh signifikan pada aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian timur.

Kemudian adanya gelombang Kelvin aktif diwilayah Maluku, menandakan adanya peningkatan aktivitas konveksi di atmosfer yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan-awan hujan.

“Karena juga angin baratan masih dominan di wilayah Maluku,” beber Kamar lewat siaran persnya, Rabu (8/12).

Alasan lainnya sambung Kamar, karena kondisi suhu permukaan laut yang cenderung menghangat khususnya di Kepulauan Kei, Aru dan Tanimbar.

Terakhir, akibat adanya pertumbuhan awan hujan (cummolonimbus) yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat, masih berpotensi terjadi.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Tanimbar dan Maluku Barat Daya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, masyarakat Maluku tambahnya, dihimbau untuk tetap waspada potensi cuaca buruk (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang) selama musim hujan.

“Termasuk penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed