by

Semua Calkada Berpeluang Sama di Gerindra

AMBON,MRNews.com,- Wakil Ketua DPD Gerindra Provinsi Maluku Melkias Sairdekut menegaskan, seluruh calon bupati dan wakil bupati Aru, MBD, SBT dan Buru Selatan yang berproses di DPD Gerindra Maluku punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan rekomendasi partainya di Pilkada September mendatang, baik kader maupun non kader.

“Semua kandidat Calkada memiliki peluang yang sama, baik kader maupun non kader. Klaim boleh saja dalam politik, tapi DPP yang menentukan setelah mendapatkan hasil fit and proper tes dari DPD Maluku,” ungkap Sairdekut kepada awak media di Ambon, Jumat (10/1/2020).

Fit and proper test oleh DPD Gerindra Maluku yang jadi salah satu tahapan penjaringan pun telah tuntas dilakukan kemarin. Selanjutnya kata wakil ketua DPRD Maluku ini, hasil fit and proper test tersebut seluruhnya nantinya akan serahkan kepada DPP dengan seluruh pertimbangan-pertimbangan dan penilaian dari para panelis yang menguji.

“Dari situ barulah nanti DPP yang punya kewenangan untuk memutuskan. Pemberkasan hasil fit and propert test kemungkinan dilakukan Minggu depan, usai perampungan dilakukan tim penjaringan. Baru kemudian akan dibawa DPD ke Jakarta untuk diserahkan ke DPP,” jelasnya.

Dirinya tidak ingin berandai-andai kapan waktu pastinya DPP akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk empat kabupaten di Maluku. Sebab setelah proses di DPD selesai, maka selanjutnya domain DPD. Meski begitu, dimungkinkan seluruh rekomendasi itu harus keluar sebelum pendaftaran calon kepala daerah ke KPU.

“Mengeluarkan rekomendasi ini kewenangannya DPP. Jadi soal memastikan kapan keluar, nanti setelah DPD Gerindra Maluku membawa berkas ke Jakarta baru kita bisa tanyakan ke DPP soal kepastian pengeluaran rekomendasi dari DPP Gerindra untuk empat daerah di Maluku,” beber anggota DPRD Maluku tiga periode dapil Kepulauan Tanimbar-MBD.

Sairdekut pun meyakini, rekomendasi yang nantinya dikeluarkan DPP adalah bagi kandidat terbaik sesuai keinginan masyarakat sesuai hasil survey dan uji kepatutan kelayakan serta punya visi jelas selain membangun daerah tapi juga membesarkan partai berlambang burung garuda di tanah raja-raja. Pasalnya target Gerindra di Pilkada 2020 adalah menang.

“Target di empat Pilkada jelasnya Gerindra ingin menang. Maka pastinya kita akan all out ketika rekomendasi sudah turun. Pokoknya yang direkomendasikan Gerindra di Pilkada baik kader maupun non kader harus menang maka pasti DPP juga akan hati-hati dan punya pertimbangan khusus saat menentukan rekomendasi kepada siapa,” kunci Sairdekut. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed