Seminggu Pascagempa Maluku, 38 Meninggal, Malteng Terbanyak

AMBON,MRNews.com,- Seminggu pasca gempabumi di Maluku berkekuatan 6,5 SR, hingga kini Kamis (3/10/19) tercatat total 38 orang meninggal dunia, artinya bertambah dua orang lagi dari data semula hanya 36 orang. Terbanyak terjadi di kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan 15 orang, kemudian kota Ambon 13 orang dan kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 10 orang. Sementara luka berat di tiga kabupaten itu sebanyak 75 orang, luka ringan 74 orang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku Farida Salampessy katakan, data korban meninggal by name by adress hasil rekapitulasi dinas kesehatan provinsi Maluku yang terdiri dari korban langsung dan tidak langsung gempabumi. Sementara rumah rusak juga terbanyak ada di Malteng dimana rusak sedang 1195 rumah dan berat 1416 rumah. Sedangkan sekolah di kota Ambon SMA/SMK rusak berat 1, Malteng 1 SD dan SBB 2 sekolah SD, sisanya rusak ringan dan sedang.

Akibat gempabumi itu juga sebutnya, hingga seminggu ini tercatat total pengungsi di tiga kabupaten itu sebesar 95.256. Terdiri dari Malteng 50.250 jiwa, SBB 42.066 jiwa dan kota Ambon 2940 jiwa. Dengan kebutuhan utama berupa tenda atau terpal, selimut, profil tank, matras, mie instan, air mineral, sembako, air bersih, obat-obatan, alat kesehatan bedah, PMT Balita, Abate Kaporit. Serta SDM kesehatan berupa dokter umum, bidan dan perawat, sanitarian, apoteker hingga psikososial.

“Data korban meninggal awal 36 orang. Tetapi dimutakhir setelah adanya laporan dari pa Sekretaris kota Ambon tambahan 2 orang sehingga jadi 38 orang seminggu pasca gempabumi. Namun belum dimasukkan. Data-data ini sewaktu-waktu bisa mengalami fluktuasi karena kondisi di lapangan. Sehingga akan terus kita update tiap saat terutama pengungsi, kerusakan rumah dan fasilitas umum lainnya. Semua data terutama pengungsi diperoleh dari BPBD kabupaten/kota terdampak langsung,” papar Farida kepada awak media didampingi sejumlah pihak di Media Center Penanggulangan Darurat Bencana Maluku Makorem 151/Binaiya, Kamis (3/10).

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan (Faskes) tambahnya ada 7 unit di kota Ambon yang rusak ringan dan sedang. Malteng terdapat lima Faskes rusak diantaranya dua rusak ringan, tiga rusak berat, serta SBB hanya enam Faskes rusak ringan. Adapun fasilitas ibadah di kota Ambon masing-masing satu gereja dan masjid rusak berat, 21 sisanya rusak sedang dan ringan. Di Malteng 6 gereja, 14 masjid dan 1 pastori rusak, dan SBB 19 gereja, 4 masjid, 3 pastori dan 1 gedung serbaguna rusak. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *