by

Sembuh Tinggi, Ambon Kembali ke Zona Orange

-Kota Ambon-139 views

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon kembali lagi ke zona orange setelah sebelumnya ada dizona merah. Tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 dibulan ini yang sudah mencapai 2244 orang dan konfirmasi positif serta angka kematian yang melandai, jadi salah satu alasan ada dizona orange.
“Sekarang sudah orange. Ini hasil dari apa yang dikerjakan aparatur pemerintah kota (Pemkot) dalam menyadarkan masyarakat untuk disiplin serta partisipasi masyarakat itu yang positif,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Balaikota, Rabu (21/10).
Meski ada tambahan 2 pasien meninggal beberapa hari ini seiring kembali ke zona orange, dia mengaku, penentuan zonasi kewenangan Satgas Covid-19 nasional. “Kita punya tingkat kesembuhan naik luar biasa sudah 2244 dan terkonfirmasi makin turun. Semoga dia turun terus,” jelas Richard.
Sementara Kadis Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy menambahkan, Ambon sudah masuk di zona orange sedari Minggu kemarin dengan skorsnya 1,93 dari sebelumnya di 1,72. Dengan tingkat kesembuhan sampai kemarin 2244, dirawat 646 orang dan pasien meninggal 32 usai tambahan meninggal kemarin sore.
“Tambahan pasien meninggal apa akan berpengaruh, itu yang nanti kita lihat karena biasanya yang mempengaruhi zonasi ada 3 aspek yaitu angka positifity rate, angka kesembuhan dan ketiga angka kematian,” tukas Wendy kepada awak media, Rabu sore.
Artinya tambah Wendy, semakin tinggi angka kesembuhan dan semakin rendah angka kematian serta positifity rate-nya rendah maka semakin baik. Trend sembuh semakin baik di Kota Ambon.
Soal target selanjutnya diakui Wendy, masih dengan optimisme yang sama. Dinkes hanya lakukan tugas management epidemiologi. Sebanyak mungkin testing, aktif testing dan masif tracing, treatment dan melakukan isolasi baik terpusat maupun mandiri.
“Semoga zona orange bisa bertahan lama dan kita bisa masuk zona lebih baik. Itu berarti tingkat penularan semakin rendah dengan tingkat kesembuhan semakin tinggi.
Kita berharap perlahan tapi pasti akan semakin lebih baik dan tingkat pemutusan penularan di Ambon juga semakin rendah,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed