by

Sembuh Covid-19 Meningkat di Ambon, Joy : Terbantu Vaksinasi & Giatnya Yustisi

AMBON,MRNews.com,- Hingga Minggu (20/2), kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon sedari tahun lalu sampai kini telah ada diangka 11.515 kasus, dengan dirawat 1647 dan sembuh 9.694 orang serta meninggal 174 kasus.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz katakan, pergerakan kasus terkonfirmasi positif, sudah terjadi penurunan yang sangat drastis per kemarin yaitu hanya 39 kasus, dengan angka kesembuhan semakin tinggi.

“Hari ini saja di Kota Ambon yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 153 orang dari 228 di Maluku, dengan hanya 14 kasus positif baru,” terang Joy kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (21/2).

Dikatakan, naiknya angka kesembuhan ini salah satunya juga karena dibantu dengan gencaran vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah dan semua stakeholder, baik untuk dosis pertama, kedua maupun booster.

“Memang vaksinasi ini kita sangat terbantu sekali dan mempengaruhi kasus sembuh. Maka kita berharap itu warga kota harus vaksinasi tahap I dan II, khusus ditahap II yang masih banyak belum,” harapnya.

Sebab hasil evaluasi Satgas menunjukkan, pasien yang terkonfirmasi Covid-19, itu mayoritas sama sekali belum vaksin dan miliki gejala berat, demikian pula sebaliknya bagi yang telah vaksin, berbedanya signifikan.

“Hasil evaluasi kita, pasien positif Covid-19 yang sudah divaksin, dia alami gejala ringan kecuali miliki Comorbid. Sementara yang pasien positif yang belum vaksin dia bergejala berat banyak,” ungkapnya.

Selain vaksinasi, diakuinya penerapan PPKM level III skala mikro yang sedang berjalan juga dampaknya positif sekali, yang diharapkan masyarakat bisa mematuhi seluruh himbauan yang sementara digalakkan, maupun lewat operasi Yustisi rutin.

“Kita terus edukasi masyarakat untuk tetap pakai masker ketika berada diluar rumah. Ini perlu kami pertegas. Karena kita ada di zona orange dengan skoring 2,1. Dengan makin kecilnya tingkat konfirmasi Covid-19, akan buat kita naik lagi ke zona kuning, tidak lagi turun ke merah,” urainya.

“Masyarakat tidak boleh lengah dengan abaikan Prokes, meski telah divaksin I & II apalagi booster. Karena vaksin sangat membantu dan taat Prokes juga dari keterpaparan Covid-19,” pungkas Kadis Kominfo-Sandi Kota Ambon itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed