by

Seluruh Kapolres Diperintahkan Amankan Kegiatan Ritual Adat di Maluku

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif memerintahkan semua Kapolres/ta jajaran di Maluku agar melakukan pengamanan maksimal terhadap kelancaran setiap kegiatan-kegiatan ritual adat di tanah Raja-raja.

“Saya perintahkan para Kapolres agar lakukan pengaman maksimal bersama TNI dan instasi terkait, serta tokoh-tokoh adat untuk kelancaran kegiatan-kegiatan adat yang akan dilakukan,” pinta Kapolda di Ambon, Sabtu (12/3/22).

Pasalnya akui Lotharia, masyarakat di Maluku toleran dan masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat. Tradisi budaya yang dilaksanakan baik setahun sekali, atau jelang momen-momen tertentu, diharapkan dapat menjadi pemersatu anak bangsa.

Bahkan, tradisi atau ritual adat yang masih dipegang teguh hingga kini dapat menjadi pemicu perdamaian dan kedamaian di Tanah Air, khususnya di provinsi Kepulauan ini.

“Saya berharap kegiatan ritual adat yang dilaksanakan harus berjalan aman dan damai. Bahkan harus menjadi pemersatu anak bangsa,” urai Jenderal Bintang Dua itu.

Hanya saja beberapa kali pelaksanaan ritual adat, juga masih timbulkan konflik dalam pelaksanaan di lapangan baik korban materi, luka, hingga korban jiwa yang malah menjadi kontra produktif dan dendam berkepanjangan antar masyarakat.

“Ritual adat harus juga disesuaikan dengan perkembangan zaman, mengedepankan kerukunan, persatuan dan kesatuan,” beber mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu.

Hal ini sambungnya, harus diperhatikan agar ritual adat bisa berjalan aman dan damai, dengan tetap menjaga nilai-nilai adat dan tradisi budaya masyarakat itu sendiri.

“Kegiatan ritual adat harus jadi momen indah dan dapat dijadikan salah satu ikon yang menarik masyarakat, baik untuk edukasi maupun mengenalkan Maluku yang kaya adat istiadat, keberagaman, nilai-nilai toleransi, kedamaian dan persatuan antar sesama ke luar Maluku dan internasional,” urai orang nomor 1 Polda Maluku ini.

Dirinya juga berharap agar para tokoh adat dapat menyiapkan rencana kegiatan adat sebaik-baiknya, serta berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat.

“Ini penting diperhatikan agar semua rangkaian kegiatan dapat berjalan aman, damai, lancar dan sukses serta menarik bagi masyarakat luar. Sehingga tentu dapat membuat Maluku menjadi lebih dikenal oleh dunia,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed