by

Seleksi Penerimaan Polri, Panitia & Peserta Dilarang Lakukan KKN

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku menggelar penandatangan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah terhadap panitia, pengawas, orang tua dan peserta seleksi penerimaan terpadu Taruna/I Akpol dan Bintara Polri tahun 2022.

Pakta integritas dan pengambilan sumpah
dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes dan para pejabat utama di Rupatama Mapolda Maluku, Kamis (14/4/22).

Menurut Kapolda, kegiatan ini perlu untuk membangun sistem dan mekanisme seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean.

“Demi menghasilkan anggota yang unggul dan kompetitif dalam mempersiapkan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri. Sehingga memiliki kompetensi dan integritas tinggi dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri kedepan,” urainya.

Dikatakan, aspek penyediaan SDM menjadi unsur paling penting bagi organisasi Polri, dimana harus dikelola dengan baik secara profesional dan berkeadilan untuk meningkatkan motivasi serta menciptakan iklim kompetisi yang sehat.

“Output dari kegiatan ini yaitu keberhasilan bersama dalam pelaksanaan seleksi penerimaan terpadu Taruna/I Akpol dan Bintara Polri tahun 2022,” beber Lotharia.

Harapannya, menghasilkan outcome dengan berdampak pada terwujudnya profil aparat kepolisian yang mampu mengemban tugas-tugas polri.

Seperti ahli dalam bidang tugasnya, bekerja dengan benar, objektif, tidak berpihak, jujur dan berani selaku pemelihara kamtibmas, pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, serta sebagai penegak hukum yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Oleh sebab itu, kepada panitia seleksi dan peserta, dirinya berharap, memegang teguh komitmen bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean dan senantiasa selalu menjaga integritas sebagai anggota Polri.

“Jangan pernah mencoba melakukan penyimpangan. Jalani setiap tahapan dengan benar, jujur dan objektif serta tidak melakukan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme),” ungkapnya.

Dirinya minta, agar laksanakan tugas dengan baik, ikhlas dan penuh tanggung jawab untuk mendedikasikan diri bagi keberhasilan kegiatan seleksi ini;

“Lakukan sinergitas, kolaborasi dan komunikasi yang baik antara panitia, pengawas internal dan eksternal dalam penyelenggaraan seleksi, sehingga tahapan seleksi dapat berjalan baik sesuai harapan,” tegasnya.

Kepada orang tua, Lotharia berharap, jangan percaya kepada oknum menjanjikan dapat meluluskan dengan meminta imbalan. Apabila ada seperti itu agar dicatat identitasnya dan laporkan ke panitia.

“Semoga kegiatan ini jadi momentum bagi kita untuk lebih berperan aktif memberi kontribusi positif dalam pelaksanaan seleksi, sehingga polda maluku dapat menghasilkan anggota polri yang baik dan berkualitas,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed