by

Selama 2020 Operasi Parkir Inap, Dishub Jaring 244 Mobil

AMBON,MRNews.com,- Selama tahun 2020, operasi parkir inap dibadan jalan yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon berhasil menjaring 244 kendaraan roda empat.

Plt. Kadishub Ambon Robby Sapulette mengaku, operasi yang dilakukan itu guna menjaga estetika Kota Ambon dimalam hari, agar tetap terlihat rapih. Sebab kebanyakan petugas lakukan pengawasan dijalan utama dan ternyata banyak warg yang justru memarkirkan kendaraannya di jalan-jalan yang berada dipusat kota.

“Operasi itu dijalankan antara bulan Februari atau Maret 2020 dan kita berhasil menjaring 244 mobil yang sering pakai badan jalan untuk parkir inap,” jelas Sapulette kepada awak media di Balaikota Ambon, Kamis (7/1/2021).

Dari hasil operasi 244 kendaraan itu, pendapatan yang diterima diakui Sapulette cukup besar kurang lebih mencapai Rp 122 juta.

Dirinya berharap ditahun 2021 ini tidak ada lagi warga Kota Ambon yang memarkirkan kendaraannya dibadan jalan agar nanti tidak merugikan mereka sendiri.

“Jadi kurang lebih penerimaan yang kita terima itu ada kurang lebih 122 juta. Kan denda 500 ribu. Semua pendapatan itu masuk dikas daerah,” tandas mantan Sekdis PUPR Kota Ambon.

Dikatakan, lokasi yang sering terjadi parkir inap ada dikawasan jalan Diponegoro, Pattimura, dan beberapa jalan utama lainnya. Lokasi-lokasi itu sangat menganggu arus lalu lintas sehingga memang perlu ditertibkan agar tidak menjadi budaya. Demikian juga di Batu Gajah dan sejumlah lokasi yang jalannya cukup sempit.

Meski diawal operasi banyak yang terjaring, namun masyarakat Kota Ambon dapat dengan cepat membaca situasi dan mulai mematuhi aturan. Sebab, setelah beberapa bulan berjalan kesadaran untuk memarkirkan kendaraan dibadan jalan sudah mulai berkurang kasusnya.

“Sebenarnya diawal banyak yang terjaring kemudian dalam perjalanan itu tingkat kesadaran sudah semakin tinggi. Sehingga lalu terjaring kebelakang itu semakin sedikit dibanding dengan saat awal pelaksanaan operasi parkir inap,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed