Sekda Buka USBN SMAN 1 Ambon

AMBON,MRNews.com.- Sekretaris Daerah Maluku, Hamin Thaher membuka secara resmi Ujian Sekolah Berbasis SMAN 1 Ambon, sebanyak 261 siswa. Dalam sambutannya dirinya menyatakan, USBN bertujuan ubruk mengukur capaian standar kompetensi lulusan peserta didik secara nasional, dan hasilnya diginakan sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan, sekaligus pertimbangan dalam pemberian bantuan sarana prasaran pendidikan.

Dikatakan, Ujian Nasional juga merupakan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional dan menjadi salah satu indikator pebgukuran mutu pendidikan setiap tahunnya.

“Dengan hasil Ujian Nasional, dapat diketahui mutu sekolah secara komprehensif, akan kelihatan sekolah mana saja yang mutunya sangat baik, bahkan masih rendah dan butuh intervensi  lebih dari pemerintah guna akselerasi mutu pendidikan,” jelasnya.

Tambahnya, pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang SMA/MA di provinsi Maluku dilakukan pada 332 sekolah dengan jumlah siswa 36.195 siswa.UNBK di Maluku pada jenjang SMA sebesar 24,70 persen artinya 82 sekolah dari total 332 sekolah.sementara untuk kota Ambon, UNBK sebanyak 41 sekolah dengan jumlah peserta 5.040, delapan belas sekolah diantaranya menggunakan UNBK, dua puluh tiga UNKP.

Thahir berharap, UNBK yabg dilakukan tahun ini, harus dilakukan dengan penuh kejujuran dan integritas, guna meningkatkan dan memperbaiki hasil ujian tahun ini dan tahun- tahun sebelumnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas pendidikan Maluku, M Saleh Thio usai peninjauan ujian di SMAN 1 Ambon juga menyatakan, ujian SMA/MA tahun ini, baik UNBK maupun UNKP  berjalan dengan baik, bahkan koordinasi dengan pihak PLN juga telah dilakukan.

Diharapkan, tema UN tahun ini, yaknin, prestasi penting, jujur utama,   dapat benar -benar tercapai. Agar mencapai hasil yang baik dan dapat bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.

Untuk keseluruhan SMK/SMA di Maluku pada tahun 2019 nanti sudah dapat melakukan ujian berbasis Komputerisasi. (MR-06)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *