Sejumlah Titik Disekat Saat Malam Takbiran

AMBON,MRNews.com,- Malam ini, Selasa (4/6/19) adalah malam takbiran sebagai pertanda puncak bulan suci Ramadhan telah usai dan hari kemenangan, Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah telah tiba. Sejumlah lokasi di kota Ambon pun bakal disekat oleh pihak kepolisian Polres Pulau Ambon dan Pp Lease dalam rangka operasi ketupat Siwalima. Sehingga diharapkan malam takbiran dilakukan pada masjid masing-masing.

Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso mengatakan, sejumlah titik lokasi yang bakal dilakukan penyekatan saat malam takbiran oleh kepolisian diantaranya, depan Polsek Leihitu Barat, pertigaan Desa Tawiri, kecamatan Teluk Ambon, perempatan tugu Johanes Leimena, pertigaan jembatan merah putih (JMP) Poka, pertigaan Hunuth-Durian Patah, pertigaan Polsek Baguala-Passo, depan pantai Natsepa-Suli, pertigaan pos pemantau JMP/jembatan Galala. 

Kemudian, jembatan Batu Merah, pertigaan Ongkoliong, tugu Flexi, pertigaan Ahuru, depan pos polisi Mutiara, SPBU Soa Bali, pertigaan gereja Rehoboth-Batu Gantong, jalan Pala, Trikora, depan SMA Kartika, depan masjid Al-fatah, pertigaan Barokah. Masyarakat pun dihimbau agar mematuhi upaya kepolisian untuk proses penyekatan itu demi kepentingan bersama. 

“Penyekatan ini dimaksudkan untuk antisipasi takbir keliling atau konvoi. Kita berdoa mudah-mudahan hujan supaya tidak ada takbir keliling. Penempatan personil kita lakukan sesuai dengan titik-titik yang sudah dibagi dan usai sholat Magrib sudah langsung menempati tiap pos jaga. Total gabungan TNI/Polri 587 personil, ditambah Damkar kota Ambon 10 orang, juga dinas perhubungan untuk bantu kelancaran arus lalu lintas,” tandas Kapolres kepada awak media di Tribun Lapangan Merdeka usai gelar apel pengamanan, Selasa (4/6/19). 

Ditambahkan pejabat dua melati emas di pundak itu, pihaknya tidak akan segan-segan menindak siapapun yang lakukan takbir keliling atau konvoi, termasuk masyarakat yang jika ditemui motornya menggunakan knalpot racing agar langsung disita. Sedangkan total personil TNI/Polri yang akan mengamankan Sholat Ied dalam rangka Idul Fitri sebanyak 214 personil di 7 masjid, dengan terbanyak di masjid Al-Fatah 85 personil.

“214 personil yang akan amankan 7 masjid saat Sholat Ied dalam rangka Idul Fitri. 85 personil lebih banyak di masjid Al-Fatah. Tapi semua titik juga diamankan. Kita berdoa dan jaga kondusfitas di kota Ambon agar malam takbiran hingga Sholat Ied, Idul Fitri bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai,” kuncinya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *