by

Satu Pasien Saparua Jadi 03 Covid-19 di Maluku

-Maluku-1,385 views

AMBON,MRNews.com,- Satu (1) dari tiga orang warga Saparua, pasangan suami istri (Pasutri) dan anak perempuannya yang diisolasi atau dirawat di RSAL FX Sudiharjo-Halong dan telah dilakukan pengambilan spesimen PCR untuk diperiksa di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jakarta terkonfirmasi positif Covid-19.

Hasil itu berdasarkan pemeriksaan spesimen polymerase chain reaction (PCR). Dengan demikian, yang bersangkutan dinamakan pasien 03. Sebelumnya, pasien 03 dan dua lainnya itu sesuai Rapid tes atau tes cepat yang dilakukan terkonfirmasi reaktif (positif).

Kepastian adanya pasien 03 itu diungkapkan langsung Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang dalam konferensi pers via Youtube yang didapat media ini, Rabu (8/4/2020).

“Hari ini, kita terkonfirmasi lagi 1 orang pasien positif asal Saparua setelah dilakukan pemeriksaan PCR oleh Labkes di Jakarta. Dan hasilnya positif covid-19. Dengan demikian kita namakan itu pasien 03. Jenis kelaminnya perempuan,” kata Kasrul.

Pasien 03 kata Kasrul, sementara dirawat di RSAL Halong. Karena pihaknya sudah sepakat, ketika pasien dirawat di RSUD Haulussy hanya bagi pasien yang memang betul-betul kritis. Kebetulan, pasien 03 klinis umumnya sedang saja dan semakin membaik, sehingga tetap dirawat di RSAL.

Sementara itu, lanjutnya, dua (2) pasien lainnya asal Saparua masih menunggu hasil spesimen yang dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) kelas II Ambon untuk diuji.

“Pasien 03 kita namakan, berarti sudah ada 3 kasus terkonfirmasi Covid-19. Pasien 01 sudah sembuh, 02 dan 03 masih dirawat. Riwayat perjalanan 03 baru kembali dari melakukan perjalanan dari Raha Sulawesi Tenggara, singgah di Ambon dan kemudian ke Saparua. Hari minggu kemarin kita jemput dan sudah di RSAL Halong bersama dua pasien lain,” ujar Kasrul.

Diharapkan dengan adanya terkonfirmasi satu kasus ini, maka kata Kasrul, semua otomatis seperti 01 dan 02. Dimana Kabupaten/kota terutama Pemda Maluku Tengah akan diberitahu untuk saat ini sudah bisa melakukan tracking atau penelusuran jejak perjalanan pasien 03.

“Pasien 03 kondisinya semakin membaik. Termasuk juga pasien 02 di RST juga berangsur membaik. Beberapa pasien juga kita sudah ambil spesimennya dan cukup diperiksa di BTKLPP Ambon. Paling lama 3 hari kita sudah mendapat hasilnya,” ungkap Sekda Maluku.

Diketahui, berdasarkan update data Covid-19 terkini per Rabu (8/4) pukul 12.00 WIT, total 178 kasus. Dengan ODP 158, 17 PDP, terkonfirmasi positif 2 dan sembuh 1. PDP terbanyak di Kota Ambon 7, Malteng 3, Tual 3, Kepulauan Aru 2, Maluku Tenggara 1, Buru Selatan 1. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed