by

Sampono Akui Tetap Perjuangkan RUU Daerah Kepulauan

-Parlemen-273 views

AMBON,MRNews.com.- Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono mengakui sebagai anggota DPD RI asal Maluku masih tetap memperjuangkan Rancangan Undang-Undang(RUU) Daerah Kepulauan agar disahkan menjadi UU. Karena itu, dirinya berharap Presiden RI, Joko Widodo memprioritaskan pembahasan RUU Daerah Kepulauan yang telah diserahkan pimpinan DPD selaku pengusul kepada pimpinan DPR RI.

Diakuinya, bersama rekan-rekan DPD maupun DPR tujuh provinsi berkarakteristik Kepulauan lainnya terus bersinergi untuk mendorong percepatan mekanisme internal di DPR RI, selanjutnya menyerahkan naskahnya kepada Presiden dan menunggu surat Presiden.

“Kita memang berharap agar pembahasannya segera dilakukan agar bisa ditetapkan menjadi UU. Sepanjang belum disahkan, kita akan tetap katakan kepada rakyat Maluku bahwa kita masih tetap perjuangkan dan mesti tetap optimis” ujar Sampono saat temui pimpinan DPRD Maluku, Selasa(10/3).
Dijelaskan, mengisi masa reses maka dirinya perlu melakukan kunjungan ke DPRD Maluku guna melakukan komunikasi dan koordinasi terkait berbagai persoalan di Maluku.

Diantaranya, terkait Pilkada serentak di 4 kabupaten di Maluku , penyaluran dan pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), pengusulan percepatan pembangunan Maluku kepada pemerintah pusat, RUU Daerah kepulauan, pengembangan pariwisata dan 13 daerah otonom baru (DOB) di Maluku.

“Maluku masuk dalam 173 DOB yang diperjuangkan, memang hingga kini pemerintah pusat belum membuka moratorium tetapi ada kepentingan Papua yang mendesak maka kita berusaha untuk menyisipkan kepentingan daerah. Berapapun yang kita dapat Kita berharap usulan Papua bisa menjadi pintu masuk bagi percepatan DOB di Maluku “ demikian Sampono. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed