Sampah Bakal Ditukar Dengan Beras

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana memberlakukan ide sampah yang bakal ditukar dengan beras lewat bank sampah. Hal ini dimaksudkan selain membangun kesadaran masyarakat untuk peduli dan mengurangi penggunaan sampah, tetapi juga ada timbal balik bernilai ekonomis dari kepedulian itu.

Kepala dinas lingkungan hidup dan persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucia Izaak mengatakan, pertimbangan sampah ditukar dengan beras karena masalahnya untuk mencari dan mengumpulkan sampah plastik misalnya gelas aqua satu kilo saja butuh waktu lama dan banyak. Selain butuh waktu, kemudian harganya murah ketika dibawa ke penadah, hanya Rp 6-7 ribu per kilo.

“Tujuannya ingin merangsang supaya bagaimana orang bisa hasilkan sampah satu hari satu kilo, entah mau dapat dari rumah, orang atau darimana bisa disetor ke bank sampah, nanti ada subsidi dari pemerintah. Ketika dapat satu kilo sampah akan ditukar satu kilo beras seterusnya sesuai yang ditukarkan. Kalau lebih dari itu, dapat beras plus uang lagi untuk motivasi. Itu rencana ide yang ingin dibangun Pemkot kedepan,” tukasnya kepada wartawan di Balaikota, Jumat (3/5/19).

Soal mulai kapan, diakui Lucia, ini terkait lagi dengan anggaran. Sehingga harus dirancang secara baik dulu baru dilaksankan. Tapi yang pasti, didalam tahun anggaran 2019 ini realisasinya.

Sementara ketersediaan bank sampah di kota Ambon kata dia, yang aktif sekarang ada delapan (8) bank sampah. Lokasinya di kawasan Pohon Pule, kemudian di Negeri Batu Merah, dua di Hative Besar, di Desa Wayame, dua di Negeri Passo dan satu di Desa Amahusu.

“Tentang animo masyarakat ke bank sampah memang fluktuatif. Soalnya adalah mencari sampah sekilo itu tidak gampang. Untuk itu salah satu upaya Pemkot untuk membantu bank sampah tetap hidup atau survive, dengan cara subsidi seperti itu, supaya juga ada animo dari masyarakat. Jadi mereka berlomba entah mau dapat sampah darimana, yang penting dapat sekilo dan ada timbal balik,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *