by

Sambut Keinginan Miliki RSUD Ambon, Dinkes: Wajib Siapkan SDM

AMBON,MRNews.com,- Menyambut kehadiran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kedepan sebagaimana telah diusulkan ke Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam lawatannya ke Ambon, Dinas Kesehatan (Dinkes) wajib menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang memadai.

Kepala Dinkes kota Ambon Wendy Pelupessy katakan, untuk membangun rumah sakit, perlu dipersiapkan SDM yang memadai. Hal ini begitu penting sebab, meski sudah ada fasilitas namun SDM terbatas tentu menjadi masalah.

“Kan nanti kita harus persiapkan SDM karena ada kriterian dan syarat yang harus dipenuhi baik dari sisi sarana-prasana maupun SDM,” ungkap Pelupessy kepada media ini via seluler, Kamis (7/10).

SDM yang dimaksud kata Wendy, adalah adanya dokter spesialis yang tentunya akan menunjang RS itu kedepan. “Terutama beberapa dokter spesialis yang juga harus dipersiapkan,” katanya.

Disinggung terkait ketersediaan tenaga medis di kota ini, Pelupessy membeberkan sebanyak 48 dokter.

“Dokter saja 48, yang sisanya itu tenaga medias total keseluruhan kurang lebih ada 600,” tambahnya.

Untuk saat ini katanya, hanya ada spesialis khusus gigi.

“Yang kita punya dokter spesialis dulu sudah pindah ke Provinsi karena kita tidak punya rumah sakit,” ungkapnya.

Untuk proses kedepan, pihaknya masih membutuhkan empat spesialis dasar. Yakni, spesialis anak, spesialis OG (Kandungan dan Ginekologi), Bedah dan Anestesi.

“Dokter-dokter yang sekarang bisa diberdayakan untuk mereka bisa ambil spesialis,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed