by

Rutin Skrining, Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Kota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Hingga saat ini, kasus Hepatitis Akut yang merebak dibeberapa wilayah di Indonesia belum ditemukan di Kota Ambon sesuai skrining rutin.

Hal itu diakui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy kepada awak media di Ambon, Rabu (11/5).

“Belum ada dan belum ditemukan kasusnya di Kota Ambon sampai saat ini,” terang Pelupessy.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah meminta pihaknya untuk melakukan antisipasi kasus tersebut. Adalah dengan cara melakukan skrining.

“Ketika dari usia 1 bulan sampai 16 tahun, atau usia dibawah 16 tahun, dengan misalnya gejala-gejala itu seperti mual-mual, muntah, kemudian demam ringan. Itu juga harus katong antisipasi untuk periksa laboratorium,” jelasnya.

Tapi memang, sesuai kategori usia dan gejala tersebut, sama sekali belum terdeteksi ada kasus Hepatitis Akut.

“Tapi sampai sekarang belum ada kasusnya di Kota Ambon. Kasusnya akan terdeteksi dengan pemeriksaan laboratorium,” akuinya.

Sekarang menurut Pelupessy, Hepatitis biasa terjadi, mulai dari Hepatitis A-E. Tapi memang belum terdeteksi masuk kategori deno virusnya apa. Maka dibilang Hepatitis yang misterius atau akut.

“Deteksi atau skrining sudah kita lakukan. Tapi belum ditemukan kasus. Skrining tetap di Puskesmas. Kalau misalnya ada orang berobat di rumah sakit,” urainya.

Namun Wendy menduga, kemungkinan besar kasus Hepatitis Akut biasanya didapat di rumah sakit.

“Kemungkinan besar itu biasanya didapat (Hepatitis Akut-red) di rumah sakit. Rumah sakit yang dibawah kota Ambon biasanya lapor juga ke dinas. Tapi sampai sekarang belum ada ditemukan kasusnya,” tegasnya lagi.

Bahkan dirinya berharap, agar kasus Hepatitis Akut selamanya tidak ada di Kota Ambon. Sehingga konsentrasi tidak terbagi, antara fokus pada menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 atau mengurus kasus tersebut.

“Katong berharap tidak ada, supaya katong juga pikiran bisa tenang-tenang sadiki,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed