by

Rusun Khusus Pedagang Bakal Dibangun di Kawasan Ongkoliong

AMBON,MRNews.com,- Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon telah mengusulkan terkait pembangunan rumah susun (Rusun) di kawasan Ongkoliong, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau.

Kepala Dinas PRKP Rustam Simanjuntak katakan, pembangunan rusun pada kawasan tersebut akan dikhususkan kepada pedagang yang berjualan di lokasi pasar Mardika sampai pasar Batu Merah yang sebelumnya juga korban kebakaran.

“Kita rencana akan bangun rusun disitu. Karena rusun disitu diperuntukkan ke para pedagang,” tandas Simanjuntak kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (15/9).

Usulan terkait dengan pembangunan Rusun menurut Simanjuntak, telah dikirimkan ke pemerintah pusat (Pempus) dalam hal ini Kementerian PUPR RI untuk dilaksanakan tahun 2022 mendatang.

“Programnya sudah diusul ke kementerian PUPR untuk tahun 2022,” ujarnya.

Menurutnya, memang untuk Indonesia hanya Kota Ambon saja yang belum memiliki Rusun khusus para pedagang. Karena itu diharapkan usulan tersebut menjadi perhatian dan disetujui Kementerian.

“Semoga disetujui kementerian. Sebab adanya Rusun itu semakin membuat penataan kota semakin baik dan menghilangkan kawasan kumuh. Serta pedagang bisa nyaman tinggal,” tandasnya.

Terkait jumlah korban kebakaran yang juga pedagang nantinya harus menerima Rusun dari Pemkot sebagai bantuan, dirinya mengaku akan menyesuaikan dengan keadaan.

“Memang ada 79 kepala keluarga (KK). Tapi yang punya sertifikat ada 18 KK. Mereka yang punya hak untuk mendapatkan satu unit rusun per KK, untuk yang nanti kita lihat yang penting bangun rusun dulu,” bebernya.

Disinggung terkait rencana awal pembangunan rusun yang semula di Air Besar Desa Batu Merah, Simanjuntak mengaku, pemindahan lokasi ke Ongkoliong sesuai dengan permintaan warga terdampak kebakaran.

“Di Arbes itu sudah tidak jadi lagi, nanti akan dibangun Rusun di Ongkoliong Desa Batu Merah,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed