by

RU Yakin Aklamasi, RL Tunggu Perintah

-Politik-658 views

AMBON,MRNews.com,- Hari-hari menuju pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golkar Provinsi Maluku nampaknya semakin mengalami titik terang siapa pengganti Said Assagaff. Sebab H-1 untuk penutupan pendaftaran calon ketua DPD Golkar Maluku, baru dua nama yang mengambil formulir. Sementara penutupan pendaftaran Sabtu (29/2).

Keduanya, Ramly Umasugi Bupati Buru yang ketua DPD Golkar setempat dan Dominggus Ayal fungsionaris DPD Golkar Maluku. RU sapaan akrab Ramly Umasugi, direncanakan akan melakukan deklarasi pencalonan di Swissbell-hotel sekaligus menuju DPD Golkar Maluku untuk mendaftar, Sabtu (29/2) sore. Sementara Ayal terkonfirmasi tak lagi kembalikan formulir ke panitia.

“Besok penutupan. Pa Ramly rencana besok sore daftar. Sedangkan pa Ayal informasi terakhir tidak jadi. Tapi nanti lihat perkembangan besok. Termasuk kemungkinan ada pendaftar lagi atau tidak,” ungkap sekretaris panitia penjaringan calon ketua DPD Golkar Maluku Siti Rahma Hehanussa saat dihubungi media ini, Jumat (28/2) malam.

Calon lain yang digadang-gadang seperti Wakil Ketua DPRD Maluku Richard Rahakbauw (RR) dan Ketua DPD Golkar Kota Ambon Richard Louhenapessy (RL) belum mengirim utusannya untuk mengambil formulir pendaftaran. Bukan tidak mungkin keduanya akan mendaftar dihari terakhir atau saat pelaksanaan Musda yang direncanakan pekan depan. Namun belum dipastikan.

Asumsi itu bisa saja benar. Tapi sudah ditepis RL lebih dahulu yang memilih untuk tidak berada dijalur pertarungan bebas di Musda demi menjaga soliditas internal kader dan kemajuan partai kedepan. Namun Walikota Ambon itu akan siap jika mendapat perintah atau penugasan dari DPP partai untuk nahkodai beringin lima tahun kedepan.

“Saya nggak. Sama sekali tidak punya hasrat untuk itu. Saya sudah berkarya di Golkar sangat maksimal. Jadi betul-betul saya ingin jadi panutan saja, senior begitu. Kalau misalnya perintah untuk harus tanggungjawab, saya tanggungjawab. Tapi kalau mau bertanding saya tidak mau. Saya kasih kesempatan saja untuk yang mau untuk melayani,” sebut RL pekan kemarin.

Dalam kepentingan menyelamatkan partai, RL terbuka menerima tanggungjawab. Dan akan realistis juga bagi anak muda dibawahnya untuk saatnya memimpin Golkar siapapun. Sebab sudah waktunya.

“Kalau Musda dan minta saya bertarung, saya tidak mau. Tapi kalau perintah, saya laksanakan sebagai kader. Saya punya karier politik paling lima tahun lagi. Mereka khan masih panjang, kalau ada tinggal kita support siapa yang terbaik,” tambahnya.

Dipihak lain, RU lewat tim pemenangannya Yusry Mahedar yakin jagoannya akan menang aklamasi di Musda. Selain karena sudah kantongi mayoritas suara DPD II dan sayap partai bahkan organisasi yang mendirikan dan didirikan partai Golkar. Tetapi RU sosok pemimpin inovatif, visioner dan miliki agresifitas tinggi dalam membesarkan partai.

Pihak RU mempersilahkan RL, politisi kawakan untuk maju di Musda dan calon lainnya. Tinggal melihat siapa jadi pilihan pemilik suara. Musda bukan head to head tapi kompetisi sesama kader partai tarung ide dan gagasan dipartai.

“Katong siap, tergantung pemilik hak suara. Kalau inginkan aklamasi okey, voting tertutup juga tidak masalah. Tapi RU yang intens bangun komunikasi dengan pemilik suara Musda. Silahkan siapapun berhak maju. Namun kami yakin, RU aklamasi. Soal RL menunggu penugasan DPP kami sulit analisa artinya. Setahu, itu berlaku hanya untuk legislatif dan eksekutif,” ujar Yusry.

Namun kabarnya, keyakinan RU menang aklamasi di Musda masih terbentur tembok. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto belum berhasil ditembus untuk menyetujui RU. Airlangga masih keras, sebab saat Munas Golkar tempo hari, RU dan sejumlah DPD II Golkar Maluku mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) bukan dirinya.

Jalur yang dipakai RU lewat Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia untuk ke Airlangga. Jika masih mentok sampai waktu pelaksanaan Musda yang belum disetujui DPP, bisa jadi itu mendatangkan keuntungan bagi pihak lain yang bisa yakinkan Airlangga. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed