by

Rianjar Torehkan Sejarah, Pecatur Maluku Pertama Lolos PON

-Sport-460 views

AMBON,MRNews.com,- Pecatur Maluku, Master Nasional (MN) M Ishak Rianjar akhirnya melangkah ke PON XX/2020-Papua. Langkah Ishak Rianjar ini sekaligus membuat sejarah baru, untuk pertama kalinya dalam sejarah olahraga catur di Maluku, pecatur daerah ini meraih tiket PON melalui kompetisi Pra PON.

Tiket PON XX/2020-Papua berhasil dikantongi Ishak Rianjar setelah pada babak 7 yang merupakan babak terakhir Play Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra yang berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (26/11/2019) bermain remis dengan MN Arief Rahman (Kalimantan Barat). Hasil remis tersebut membuat secara keseluruhan hingga babak 7 berakhir.

Ishak Rianjar mengantongi 5 poin. Sebenarnya Ishak Rianjar dan MN Adhi Margana Rahmatullah (Lampung) sama-sama mengantongi 5 poin. Walau begitu, dalam pertandingan sebelumnya Ishak Rianjar menang atas MN Adhi Margana Rahmatullah.

Sebelumnya pada babak 1, Ishak Rianjar kalah dari Master Fide (MF) Khairul Anam (Jawa Timur), selanjutnya pada babak 2 menang atas MN Adhi Margana Rahmatullah (Lampung), babak 3 menang WO atas Eri Purnomo (Bengkulu), babak 4 menang atas Abu Ali (Kalimantan Selatan), babak 5 menang atas Andi Balladho Aspat Colle (Sulawesi Tenggara), babak 6 ditahan remis oleh Kahfi Maulana (DI Yogyakarta) dan babak 6 ditahan remis oleh MN Arief Rahman (Kalimantan Barat).

Hasil akhir pertandingan Play Off Pra PON Catur Kategori Perorangan Putra berakhir menempatkan Kahfi Maulana (DI Yogyakarta) di peringkat 1 (6,5 poin), disusul MN M Ishak Rianjar di peringkat 2 (5 poin), disusul MN Adhi Margana Rahmatullah (Lampung) 5 poin, Master Fide (MF) Khairul Anam (Jawa Timur) 4 poin, MN Arief Rahman (Kalimantan Barat) 4 poin, Andi Balladho Aspat Colle (Sulawesi Tenggara) 2 poin, Abu Ali (Kalimantan Selatan) 1 poin dan Eri Purnomo (Bengkulu) 0 poin.

Sesuai keputusan Rakernas Percasi tahun 2019 di Ambon, akhir Oktober 2019 lalu, pecatur peringkat 1 dan 2 Play Off Kategori Perorangan Putra berhak tampil di PON XX/2020-Papua. Dari hasil tersebut, maka Kahfi Maulana (DI Yogyakarta) dan MN M Ishak Rianjar berhak tampil di PON.

Menyikapi hasil Play Off Pra PON tersebut, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku, Edwin Adrian Huwae menyampaikan apresiasi kepada Ishak Rianjar yang telah berjuang hingga berhasil meraih tiket PON.

“Pengprov Percasi Maluku memberikan apresiasi apresiasi kepada Ishak Rianjar yang telah berjuang hingga berhasil meraih tiket PON. Ini untuk pertama kalinya ada pecatur Maluku yang tampil di ajang PON dan lolosnya pun melalui kompetisi PRA PON,” kata Huwae di Ambon, Selasa (26/11/2019).

Dikatakan, Percasi Maluku juga memberikan apresiasi kepada para pihak yang turut mendukung perkembangan olahraga catur di Maluku sehingga melahirkan pecatur-pecatur muda yang secara perlahan mulai menunjukkan prestasinya di tingkat nasional. “Kedepan kita akan melakukan proses pelatihan sebelum MN Ishak Rianjar tampil di PON XX/2020-Papua nantinya,” tutur mantan ketua DPRD Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed