by

Rawan Kejahatan, Empat CCTV Segera Dipasang Pemkot di JMP

AMBON,MRNews.com,- Jembatan Merah Putih (JMP) merupakan salah satu titik rawan terjadinya tindakan kriminal atau kejahatan di Kota Ambon apalagi dimalam hari.

Guna memantau situasi sekaligus meminimalisir berulangnya aksi kejahatan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab pemerintah kota (Pemkot) Ambon Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo-Sandi) dalam waktu dekat akan memasang empat unit CCTV pada icon warga kota Ambon itu.

“Pemkot dalam waktu dekat akan memasang CCTV di JMP. Sebab beberapa waktu terakhir sering terjadi tindakan kriminal sepanjang JMP,” tandas Kepala Diskominfo-Sandi Kota Ambon Joy Adriaansz kepada wartawan di Balaikota, Kamis (25/3).

Terkait rencana tersebut, Pemkot Ambon sebut Joy, dalam waktu dekat akan lakukan penandatanganan MoU dengan Polda Maluku. Sebab diantara puluhan CCTV yang dipasang, tiga (3) unit diantaranya milik Polda Maluku.

Lebih lanjut, Joy katakan, saat ini sudah ada 32 CCTV yang telah dipasang diseluruh wilayah Kota Ambon. Seluruhnya sudah diaktifkan. Bahkan sewaktu Presiden RI Joko Widodo tiba di Kota Ambon, Rabu (24/3), sudah bisa terpantau dari CCTV.

“Nanti ditambah empat dari Balai Jalan lagi. Sekarang memang sudah aktif namun belum dilaunching. Kemungkinan besar peresmian CCTV dilakukan Walikota Ambon dan Kapolda Maluku, pada minggu ketiga bulan April 2021,” jelas Joy.

Pihaknya lanjut Joy, sebenarnya ingin secepatnya memasang CCTV dikawasan JMP. Namun untuk merealisasikan rencana itu, Pemkot tidak bisa asal pasang.

Terlebih dahulu memerlukan ijin dari pemerintah pusat. Untuk bisa mendapatkan ijin dari pusat, Pemkot melalui Diskominfo-Sandi sedang berupaya melakukan koordinasi guna melakukan perjanjian kerjasama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) dalam hal ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku.

“Kami saat ini sedang melakukan koordinasi guna melakukan perjanjian kerjasama dengan pemerintah Provinsi dalam hal ini Balai Jalan. Semoga koordinasi itu tuntas segera agar perjanjian kerjasama bisa diteken dan rencana pemasangan CCTV bisa berjalan,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed