Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi Demonstrasi

AMBON,MRNews,com.- Ratusan mahasiswa yang berasal dari Universitas Pattimura, Universitas Darussalam dan STIA Alaska melakukan aksi demonstrasi di DPRD Maluku jalan Karang Panjang -Ambon, Senin (30/9/19). Aksi demo yang digelar mengkritisi rancangan revisi UU KPK, menolak revisi UU yang tidak menguntungkan rakyat.

Mengantisipasi tindakan anarkhis, kepolisian Polda Maluku bersiaga di halaman DPRD Maluku . Orasi dilakukan secara bergilir dan meminta agar aparat keamanan membuka pintu pagar yang telah digembok.

Setelah melakukan orasi di depan pintuk pagar masuk DPRD Maluku selama hampir 1 jam dan melalui koordinasi akhirnya mahasiswa diijinkan masuk dengan pengawalan ketat aparat keamanan. Pimpinan dan anggota DPRD Maluku diantaranya, Richard Rahakbauw, Anos Yermias, Rovik Afifudin, Edison Sarimanella, Usama Namakulle, Rostiana, Amir Rumra, serta Sekwan Bodewin Wattimena menemui mahasiswa di halaman kantor DPRD Maluku.

Korlap aksi demo Sahrul Wajo dalam oratornya meminta mahasiswa untuk tertib dan tidak melakukan aksi-aksi anarkhis. Kendati sudah di halaman dan ditemui anggota DPRD Maluku, namun mahasiswa masih terus melakukan orasi yang dilakukan secara bergilir.

Adapun tuntutan mahasiswa diantaranya, rancangan revisi UU atas tanah yag merugikan rakyat, rancangan UU penghapusan kekerasan seksual yang diabaikan DPR RI, rencana perombakan terhadap 70 rancangan UU yang dampaknya akan merugikan masyarakat Indonesia, pemerintah telah menaikan iuran BPJS kesehatan yang menyulitkan masyarakat kecil. Usai membacakan tuntutan mahasiswa berharap tuntutan bisa diteruskan hingga ke senayan.

Aksi mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa Maluku meminta DPRD Maluku meneruskan tuntutan mahasiswa.

Pimpinan sementara DPRD Maluku Richrad Rahakbauw mengatakan, jika saat ini DPRD Maluku masih dipimpin pimpinan sementara. Sehingga perlu dipahami jika pimpinan defenitif masih dalam proses. Namun Rahakbauw berjanji tuntutan mahasiswa akan diperjuangkan hingga ke Senayan. (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *