Rapat DPRD-Pemkot; 25 Ribu Orang Ungsi, 9 Meninggal

AMBON,MRNews.com,- Menindaklanjuti terjadinya gempabumi 6,5 SR yang juga melanda kota Ambon, Kamis (26/9), DPRD kota Ambon mengundang pemerintah kota (Pemkot) untuk melakukan rapat koordinasi (Rakor) guna mengetahui perkembangan data dan dampak gempa yang dialami masyarakat kota Ambon dalam rangka penanggulangan bencana, Jumat (27/9).

Rapat dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD Ely Toisuta dihadiri sekretaris kota (Sekkot) Ambon A.G.Latuheru dan kepala bidang rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD kota Ambon Ronald Lekransy serta sejumlah ketua fraksi dan anggota DPRD.

Dari data dan paparan Pemkot Ambon, diketahui total warga kota yang mengungsi sebanyak 25.000 jiwa dengan 3.430 kepala keluarga tersebar pada sejumlah titik diantaranya Karang Panjang, Galala, Lapangan Bola Galunggung dan beberapa lokasi lainnya. Adapun korban meninggal dunia di Ambon terkini sebanyak 9 orang dan luka-luka 31 orang.

Selanjutnya, akibat gempabumi tersebut menimbulkan kerusakan dan kerugian diantaranya rumah rusak ringan sebanyak 81 unit, rumah rusak sedang 98 unit dan rusak berat 45 unit. Untuk kantor pemerintahan terdapat kerusakan ada 4 unit, fasilitas umum 4 unit dan tempat ibadah 10 unit. Adapun posko penanggulangan gempabumi untuk Pemkot berada di kantor BPBD kota Ambon Karang Panjang.

“Penjelasan pa Sekkot mewakili Pemkot memastikan korban meninggal dunia akan disantuni dan mendapat hak sebagai warga kota. Semua warga kota diharapkan jangan takut dengan gempa yang terjadi karena semakin hari kekuatannya menurun meski terus susulan dan jangan percaya isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujar pimpinan sementara DPRD Ely Toisuta.

Sekkot pun memastikan, seluruh langkah penanganan yang tersistimatis akan dilakukan oleh Pemkot. “Warga bisa mendapat info penangananan dan perkembangan kondisi gempa pada Camat, Lurah, Kepala desa dan Raja. Semua warga kota diharapkan tidak panik dan terus mawas diri dengan ikuti informasi dari BMKG. Jangan percaya informasi yang tidak benar,” demikian Latuheru. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *