Raker IAKN Ambon 2019; Kerja Cerdas, Tepat & Tuntas

AMBON,MRNews.com,- Kerja Cerdas, Kerja Tepat & Kerja Tuntas. Tiga poin sentral yang diusung sebagai tema pada rapat kerja (Raker) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon II tahun 2019 di The Natsepa Hotel & Confrence, Desa Suli, Maluku Tengah, Jumat (24/5/19). Tiga poin itu juga lah yang akan jadi target pimpinan lembaga dan seluruh civitas akademik selama satu tahun bahkan dalam lima tahun kedepan dalam perencanaan pembangunan dan pengembangan kampus bertajuk harmoni dalam perbedaan itu makin lebih baik dan berjaya.

Rektor IAKN Ambon, Dr A.Ch. Kakiay, M.Si dalam arahan sekaligus membuka Raker tegaskan, Raker II ini sebagai cara pimpinan dan civitas IAKN Ambon memikirkan arah pengembangan IAKN sesuai rencana induk pengembangan (RIP) dan rencana strategi (Renstra) yang telah disusun dan rampung, dengan menilik pada rencana kerja (Renja) tiap tahun, sekaligus mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan selama ini dan merumuskan program kerja dan kebijakan selama setahun.

Sebabnya, kehadiran pihak Kementerian PPN/Kepala Bappenas RI di Raker ini penting sebagai upaya mensinergikan rencana kerja dan meletakan kesepahaman bersama dalam arah dan kebijakan perencanaan pembangunan nasional oleh Kementerian PPN/Bappenas yang menitik beratkan pada pengembangan bidang pendidikan dan agama. Apalagi tema Raker yang berangkat dari evaluasi dan audit kinerja tahun sebelumnya, mengisyaratkan keseriusan seluruh elemen IAKN Ambon agar kedepan dalam bekerja secara cerdas, tepat dan tuntas sehingga hasil yang dinginkan bisa tercapai.

“Kita bersyukur karena Deputi Kementerian PPN/Kepala Bappenas Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan serta Asisten Deputi (Asdep) akan hadir di Raker menjadi narasumber sekaligus mendudukan arah perencanaan pembangunan dan pengembangan IAKN di bidang pendidikan dan agama. Karena Raker II ini, kita menyelesaikan RAP, Renstra pengembangan IAKN Ambon, yang nanti akan diturunkan dalam Renja,” tekan Kakiay.

Sebab tambahnya, kerja cerdas tak hanya orientasi program, tapi apa output dan outcome bagi pengembangan pendidikan dan agama di IAKN Ambon. Pasalnya ada kerja yang tidak tepat sasaran. Ini juga berpengaruh pada ketuntasan kerja dan kinerja. “Kami harap, semuanya dapat ikuti tiap sesi dengan baik. Sebab ini penting berkaitan perencanaan dan pengembangan IAKN Ambon di bidang pendidikan dan agama,” tegas Rektor.

Sementara, Ketua Panitia Raker II, Josefat Dias menjelaskan, tema Raker berkaitan dengan etos kerja. Sebab kerja adalah sebuah panggilan, dimana ketika semua orang merasa terpanggil dan menjalankan kerja itu dengan sungguh dan tanggungjawab maka pasti cerdas, tepat dan tuntas. Sehingga tujuan Raker untuk mengetahui dan evaluasi kinerja IAKN Ambon tahun 2018, merumuskan rencana kerja, program kerja dan kebijakan unggulan IAKN Ambon tahun 2019, menyusun penganggaran program pada tiap unit kerja serta mendelegasikan program dan kebijakan Kemenag tahun 2020 bagi kepentingan IAKN Ambon yaitu moderasi agama, kebersamaan umat dan integritas data.

“Raker II ini akan dilakukan selama tiga hari mulai Jumat-Minggu, 24-26 Mei 2019 di The Natsepa Hotel, Suli, Maluku Tengah, dengan peserta 75 orang yakni Rektor dan Wakil Rektor, pejabat eselon II, III dan IV pada IAKN Ambon, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Kepala-kepala unit dan pimpinan bagian terkait lain yang berkepentingan. Selain Deputi dan Asdep, narasumber di Raker juga yakni Dirjen dan Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI serta Direktur Pendidikan dan Agama Kementerian PPN/Kepala Bappenas,” pungkasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *