by

Raja-raja Memiliki Peran Strategis Pelihara Kamtibmas di Maluku

AMBON,MRNews.com,- Forkopimda Maluku diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, dan Gubernur Maluku yang diwakili Kepala Kesbangpol, Titus Renwarin bersilaturahmi dengan Raja-raja se-Maluku di Gedung Majelis Latupati Maluku, Jumat (18/2/22).

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Majelis Latupati Maluku Ibrahim Wokas berharap, agar jangan lagi terulang peristiwa-peristiwa lalu yang berakibat pada kesengsaraan.

“Sebab peristiwa-peristiwa itu (konflik) bukannya mengorbankan korban sepihak, tapi katong (kita) semua jadi sengsara,” kata Raja Negeri Ureng tersebut.

Damai, lanjut dia, adalah sesuatu yang sangat baik di dunia. Kedamaian bisa membuat kita merasakan kebahagiaan saat dekat dengan keluarga, dan para tetangga di sekeliling tempat tinggal.

“Kita merasakan kebahagiaan saat di sekeliling kita ada teman, ada tetangga yang mencintai, menyayangi kita. Mari kita mempererat hubungan ini, mari hidup dalam damai, saling hormat-menghormati di antara kita,” pintanya.

Menurut Ibrahim, kedamaian harus dimulai dari diri sendiri. Olehnya itu ia mengajak semua pihak untuk bekerja keras mempertahankan perdamaian di bumi Raja-raja ini.

“Mari kita memperbanyak dialog, jangan mencari perbedaan, tetapi carilah persamaan. Kalau kita tidak bersaudara dalam keimanan, maka mari kita bersaudara dalam kemanusiaan. Sehingga aman, damai itu akan indah untuk anak cucu kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda mengaku, sebagai orang yang baru menjabat di Maluku selama kurang lebih 1 bulan 15 hari, silaturahmi dengan para Latupati di Maluku ini sangat penting.

“Saya dan Pangdam adalah pejabat baru di Maluku, kami baru masuk kurang lebih 1 bulan 15 hari. Kami hanya selisih 1 hari dan sebagai warga baru adalah kewajiban kami untuk bisa bertemu dengan para Upulatu (Raja) dan Inalatu (Ibu Raja) di Maluku,” katanya.

Menurutnya, dalam tataran Pemerintah Provinsi Maluku, para Upulatu dan Inalatu merupakan bagian penting dalam membangun serta menjaga semangat keamanan dan kedamaian di daerah ini.

“Mungkin tidak semua provinsi di Indonesia, inilah kekhasan dan keunikan Maluku. Daerah ini sangat dihormati dan dihargai pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurutnya, Raja-raja memiliki peran strategis dalam membangun bangsa ini, turut serta membantu dalam memelihara Kamtibmas, terutama di Maluku.

“Saya sering lihat ada slogan Ambon Manise. Saya kira ini bukan hanya Ambon tapi juga harus Maluku Manise. Manise ini bisa kita singkat adalah “Maluku Aman dan Damai Indonesia Sejahtera”,” pintanya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed