by

Raja Laturake Minta Kapolda Sediakan Pospol di Pegunungan Taniwel

AMBON,MRNews.com,- Raja Negeri Laturake Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) T.A Mawene meminta Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri agar bisa menyediakan Polsek atau Pospol (pos polisi) di Wilayah Pegunungan Kecamatan Taniwel.

Permintaan penyediaan Polsek atau Pospol, lanjut Maewene, mengingat lokasi perkampungan disana jauh berada dibalik pegunungan pulau Seram Bagian Barat.

“Mengingat lokasi dan medan menuju wilayah kami didaerah pegunungan sangat jauh dan medan yang berat sehingga apabila terjadi gangguan Kamtibmas pasti lama penangannannya,” harap Mawene saat menemui Kapolda di ruang kerja Kapolda, Jumat (8/1/2021).

Diakui, ini kedua kali pihaknya datang untuk bertatap muka. Sebelumnya hal serupa sudah dilakukan dengan Kapolda yang lama. Selain bersilaturahmi, tentu ingin meminta Kapolda kalau bisa menyediakan Polsek atau Pospol diwilayah pegunungan Taniwel.

Sebagai bukti keinginan itu, menurut Mawene, pihaknya siap menghibahkan lahan kepada Polda Maluku. Dengan harapan Polsek atau Pospol bisa berdiri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Lahannya sudah kami hibahkan dan sudah kami serahkan ke Polres SBB waktu dijabat oleh Kapolres AKBP Agus setiawan. Kurang lebih setengah hektar,” kata Mawene.

Menanggapi permintaan Raja Laturake, mantan Kakorlantas Polri itu langsung menghubungi Kapolres SBB AKBP Bayu Taridar Butar-butar melalui telepon genggamnya.

Kapolres diminta segera menindaklanjuti permintaan Raja Laturake, dengan menempatkan seorang Bhabinkamtibmas diwilayah tersebut sekaligus menjadi Kapospol.

Permintaan untuk menempatkan Bhabinkamtibmas agar dapat menanggulangi kerawanan Kamtibmas di Pegunungan Taniwel. Sebab, mengacu pada peraturan, disebuah kecamatan hanya bisa menempatkan satu Polsek, atau tidak bisa ditempatkan pada masing-masing wilayah pedesaan.

“Kami sampaikan terima kasih, karena sudah jauh-jauh ke Ambon untuk utarakan permintaan baik tersebut dan sudah kami tindaklanjuti dengan memerintahkan Kapolres segera tempatkan satu orang Bhabinkamtibmas,” kunci Kapolda yang didampingi Direktur Intelkam Kombes Pol Yosef Sriyono, dan Kabid Humas Kombes Pol M. Rum Ohoirat. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed