PUPR Lakukan Tanggap Darurat Bencana di Beberapa Titik

AMBON,MRNews.com,- Pasca hujan lebat beberapa hari terakhir ini yang mengguyur Kota Ambon hingga menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah kawasan, dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) kota Ambon mulai melakukan tanggap darurat pasca bencana di beberapa titik longsor.

Kepala dinas PUPR Kota Ambon, Enrico Matitaputty katakan, beberapa titik yang dilakukan tanggap darurat yakni di kawasan kecamatan Leitimur Selatan di Desa Hatalai, Kilang dan Hukurila. Hal ini guna membuka akses agar dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dan masyarakat ketika beraktivitas. Pasalnya akses tercepat dari dan ke kota hanya melalui kawasan itu.

“Pengerjaan tanggap darurat oleh dinas PUPR. Sementara nanti rencana memang ada beberapa titik longsoran yang akan kita bersihkan. Sehingga pada saat musim hujan sudah bisa dilewati, tidak darurat lagi. Lalu kemudian longsoran di Hukurila itu sudah dibersihkan tadi,” tandasnya kepada awak media di Balaikota usai bersama Walikota Ambon dan sejumlah pimpinan SKPD meninjau titik-titik fatal longsor, Jumat (3/5/19). 

Kemudian di kawasan Kate-kate, desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon yang karena hujan lebat sebabkan talud ambruk atau patah dan mengancam keslamatan rumah warga, kata dia, ketika dicek kembali soal kondisi awal memang penyebabnya adalah saluran air dari masyarakat yang masuk kesitu.

“Tapi kita akan cek lagi sehingga bisa cari solusi kira-kira mana yang terbaik. Sementara kita amankan dulu dengan terpal supaya ketika hujan turun tidak membuat longsoran semakin parah. Yang pasti nanti kita akan bangun yang dibawah talud itu. Pembangunanya nanti bisa diajukan ke APBD peruban, tergantung,” tukasnya. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *